Print

Terumbu Karang di Pulau Sembilan

Written by Tim Website on . Posted in Ayo ke Sinjai !!

Indahnya Terumbu Karang Pulau Sembilan
 
Letaknya berada di bagian selatan jazirah provinsi Sulawesi Selatan, kabupaten ini juga berada di kaki sebuah gunung bernama ‘Bawakaraeng’. Kabupaten Sinjai memang mempesona bila di jadikan salah satu lokasi tujuan wisata di Sulawesi Selatan.
 
Selain rumah purbakala ‘Karampuang’, Taman purbakala ‘Batu Pake Gojeng’ serta kuburan tua ‘Caropo’, Kabupaten yang dulunya merupakan pusat pemerintahan dari sekaligus 2 kerajaan ini (Kerajaan Tellulimpo dan Kerajaan Pituelimpo) juga memiliki panorama kepulauan yang tak kalah indah nya dengan destinasi wisata lain nya di Nusantara.
 
Sembilan pulau yang berukuran besar dan kecil dan membentuk gugusan kepulauan bernama ‘Pulau Sembilan’ adalah salah satu kekayaan alam kabupaten Sinjai yang sayang untuk di lewatkan. Pulau-pulau ini bisa di kunjungi via pelabuhan Lappa.
 
Sebuah pelabuhan tradisional yang berjarak 15 menit waktu tempuh dari pusat kota Sinjai. Jarak Pulau Sembilan dan pelabuhan Lappa tak lebih dari 10 Mil, namun selain sebagai titik awal penyeberangan menuju Pulau Sembilan, pelabuhan ini merupakan pelabuhan yang menarik untuk dinikmati. Terlebih di waktu malam. Dermaga yang ada di pelabuhan ini adalah tempat bersandar kapal-kapal nelayan pencari ikan. Harga sewa untuk perahu kayu adalah 300 ribu rupiah*. Waktu tempuh paling cepat untuk menuju ke pulau akan memakan waktu tak lebih dari 60 menit dengan perahu Kayu dan 20 Menit untuk Speedboat.
 
Keindahan Pulau Sembilan bukan hanya dari jejeran pulau-pulau yang berbaris dari selatan ke utara, namun sisi keindahan yang sebenarnya berada di dasar laut sekitar pulau - pulau tersebut, untuk anda yang punya hobby menyelam, tentu momen seperti ini tidak akan terlewatkan, karena di dasar laut pulau-pulau sembilan terdapat Terumbu Karang yang begitu indah dan sayang untuk dilewatkan.
 
Nah anda berminat untuk menikmati keindahan Alam Sinjai, kami yakin anda akan merasakan suasana yang berbeda ketika berada di Sinjai, dari sisi tradisional hingga wisata modern adalah pilihan yang komplit ketika anda mengunjungi Kabupaten Sinjai.(Timweb/LH)

Kegiatan SKPD