Print

Kegiatan 2014 Disperindag

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

SEKKAB. SINJAI SIDAK PASAR SENTRAL


-Temukan Produk Makanan dan Minuman Kadaluarsa

SINJAIi,-- Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sinjai, Taiyeb A Mappasere, di Pasar Sentral Kabupaten Sinjai, Rabu, 2 April kemarin, menemukan puluhan produk makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa.

Pada inspeksi mendadak Taiyeb A Mappasere menemukan beberapa makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa. Selain itu, Taiyeb juga menemukan sejumlah komoditi yang mengalami lonjakan harga di pasar, yaitu komoditi cabe rawit dan cabe keriting. Bahkan, kata dia, kenaikan komoditi itu mencapai Rp 10 sampai Rp 15 ribu perkilogramnya.

Sekab Sinjai, Taiyeb A Mappasere menjelaskan, sidak ini di dasarkan pada ketentuan Undang-undnag Nomor 8 tentang perlindungan konsumen dan Undang-undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang metrologi ilegal.

"Makanya saya berharap kepada para pedagang arif menyikapi hal ini. Saya meminta agar barang yang kadaluarsa tidak lagi dipajang untuk dijual,"kata dia.

Menurutnya, barang yang ditemukan kadaluarsa maka akan ditarik dari peredaran. Dalam waktu dekat, saya akan mengintruksikan kepada perindag dan kesehatan untuk memanggil para distributor bandel.

Jelang Bulan Puasa, Pemerintah Daerah Kab. Sinjai, yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kab. Sinjai, H. Taiyeb A. Mappasere dengan KP3 dan TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Pasar Sentral Kab. Sinjai. Rabu, (28/05).

H.Taiyeb A Mappasere mengatakan bahwa sidak ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat jelang bulan puasa. "Kami turun bersama instansi terkait yakni KP3, TPID (Tim pengendalai Inflasi Daerah) untuk memantau harga kebutuhan pokok masyarakat dan memantau ketersedian kebutuhan pokok di pasaran." Ujarnya Selain memantau ketersediaan stok, kami juga memantau harga kebutuhan pokok yang ada. Alhamdulillah, harga kebutuhan pokok seperti cabai, telur dan bawang merah turun, bahkan ada yang turun hingga 50 persen dari yang kita pantau sebelumnya, itu artinya, stok bahan pokok cukup. Kendati demikian ada beberapa stok kebutuhan pokok yang akan kami laporkan ke pemerintah provinsi, seperti terigu, gula pasir karena memang distributornya ada di makassar. Namun dari hasil pemantauan ini, boleh dikatakan stok kebutuhan pokok di kab. Sinjai masih aman."

Katanya Oleh karena itu, kami pemerintah daerah akan terus berupaya bagaimana supaya pendistribusian barang kebutuhan pokok ini lancar, karena yang biasa mempengaruhi naiknya harga kebutuhan pokok karena tidak lancar pada pendistribusiannya. "Kita upayakan agar kebutuhan pokok masyarakat berjalan lancar, agar harga tidak naik." Katanya Selain memantau stok dan harga kebutuhan pokok, sidak yang dipimpin sekda ini juga melakukan pemantauan stok pupuk bagi petani. "Kami juga akan memantau stok pupuk karena saat ini masyarakat kita (petani) sudah melakukan musim tanam, otomatis setelah menanam mereka akan melakukan pemupukan bagi tanaman padi mereka."


SEKRETARIS DAERAH KAB. SINJAI MEMBUKA SOSIALISASI PEMAHAMAN PERUNDANG-UNDANGAN TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN METROLOGI LEGAL

Sekretaris Daerah Kab. Sinjai, H. Taiyeb A Mappasere Membuka sosialisasi pemahaman perundang-undangan tentang perlindungan konsumen dan metrologi legal di Ruang Pola Kantor Bupati Lama Sinjai, Rabu (28/05/14).Dalam Sambutannya Mengatakan kegiatan ini dilaksanakan agar kita semua bisa memahami manfaat dari pengawasan terhadap barang dan jasa yang beredar di pasar agar memenuhi standar, Label, Klausula Baku, Pelayanan Purna Jual, Cara menjual, Barang yang dilarang beredar di pasar, Barang yang diatur tata niaganya, Perdagangan barang-barang dalam pengawasan dan distribusi. "Tentu kita semua berharap agar peningkatan kualitas pengawasan sehingga mampu mendokrak pertumbuhan ekonomi dan mendatangkan investasi yang membawa pengaruh positif bagi kesejahteraan rakyat." Katanya Meski demikian, kualitas pengawasan tidak bisa dipungkiri masih sangat rendah, hal ini diakibatkan karena SDM yang terbatas dan kompeten, serta sulitnya memahami peraturan maupun keterbatasan waktu dan anggaran "Olehnya itu, melalui sosialisasi ini, dapat dijadikan sebagai acuan dasar dalam meningkatkan efektifitas pengawasan kemetrologian dan pemberdayaan perlindungan konsumen, khususnya di Kab. Sinjai." Katanya
 
SEKDA SINJAI SIDAK PASAR MENJELANG BULAN RAMADHAN
 
Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai Melakukan Sidak Pasar Menjelang Bulan Suci Ramadhan di Pimpin Oleh Sekretaris Daerah Kab. Sinjai H. Taiyeb A. Mappasere serta TIM penekanan Inflasi yang tergabung diantaranya,Camat Sinjai utara,kepala dinas Pertanian,kepala Dinas perindag,dinas peternakan, dinas Perhubungan dan Bagian Perekonomian, yang gelar di pasar sentral sinjai, Minggu (15/06). Harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar merangkak naik usaha Pemerintah kabupaten Sinjai ini terus melakukan penekanan harga Seperti yang dikatakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai Andi Tayyeb Mappasere langkah yang dilakukan Pemerintah ini selain bentuk usaha menekan harga kebutuhan pokok juga ingin mengetahui langsung kesiapan sejumlah pedagang kaki lima yang ada di Pasar menghadapi bulan suci Ramadhan "sidak pasar tersebut dilakukan setiap minggu,selain melihat kondisi harga bahan pokok jelang bulan ramadhan juga Pemerintah melihat kondisi nilai jual masyarakat"ungkapnya dalam sidak tersebut Pemerintah menemukan adanya kenaikan harga sejumlah bahan pokok yakni gula pasir,terigu dan susu,untuk mengetahui sebab akibat kenaikan harga tersebut. Sekretaris daerah Kabupaten Sinjai Andi Tayyeb A. Mappasere yang ditemui di pasar sentral Sinjai akan mendata harga yag mengalami kenaikan tersebut dan akan dilaporkan "sementara ini kami menemukan pada bahan pokok seperti gula,terigu.dan susu mengalami kenaikan harga,dan sementara ini kami data secara keseluruhan"ungkapnya, Salah satu pedagang dipasar sentral ini Hasbia mengatakan bahwa kenaikan harga itu disebabkan karena adanya kenaikan harga dari Makassar,sehingga dirinya mengaku harus mengikuti patokan tersebut "patokan harga ini kami harus ikuti,karena kami tidak mau rugi,seperti susu dan terigu serta gula mengalami kenaikan karena juga ada kenaikan harga di pusatnya"ungkapnya.
 
 
 
SEKRETARIS DAERAH KAB. SINJAI MENGGELAR SIDAK PASAR MENJELANG BULAN RAMADHAN
 
Sekretaris Daerah Kab. Sinjai kembali menggelar sidak harga kebutuhan pokok jelang ramadhan, di Kawasan Pasar Sentral Sinjai, Sinjai, Kamis (26/06). Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, H. Taiyeb A Mappase mengatakan Bahwa dari sidak ini diketahui bahwa harga kebutuhan pokok di kabupaten sinjai tergolong masih stabil. "Mudah-mudahan, harga kebutuhan pokok masyarakat tidak mengalami kenaikan pada bulan ramadhan ini." Ujarnya menambahkan bahwa untuk mengantisipasi kenaikan harga maka saya menghimbau kepada dinas terkait agar intens mengecek stok kebutuhan pokok, karena yang biasa memicu kenaikan harga kebutuhan pokok karena kurangnya ketersediaan stok. " Dari hasil sidak ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sinjai, masih menemukan beberapa barang kadaluarsa seperti beberapa campuran kue dan minuman jenis sirup yang masih terpajang untuk di jual. Kepala Bidang Perlindungan Konsumen, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sinjai, Muliati mengatakan bahwa barang yang kadaluarsa ini langsung kami sita. "Kami akan langsung melakukan penyitaan barang, agar tidak lagi ada barang kadaluarsa yang dipajang penjual." Ujar Muliati Sementara pemilik toko yang ingin dikonfirmasi terkait jualannya yang sudah kadaluarsa memilih kabur dan menghindar dari tim Sidak.


 

 

Print

Kegiatan 2014 Dinas Komunikasi Informatika Kebudayaan dan Kepariwisataan

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

Pembukaan Pameran Pembangunan Dalam Rangka HJS Ke-450 bertempat di Lapangan Sinjai Bersatu tanggal 18 s/d 27 Februari 2014, kegiatan ini dibuka oleh Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya, S.Sos.

Kunjungan Bupati Sinjai ke Stand Pameran Pembangunan Dalam Rangka Hari Jadi Sinjai Ke-450 Tahun 2014 di Arena Pameran Pembangunan Lapangan Sinjai Bersatu Tanggal 24 Februari 2014

Malam Ramah Tamah dan Penutupan Pameran Pembangunan di Arena Pameran Lap.Sinjai Bersatu Tanggal 27 Februari 2014

Juara I Stand Terbaik RSUD Sinjai Pada Pemeran Pembangunan Tahun 2014

 Pemerintah Kabupaten Sinjai saat ini terus mengembangkan E-government sebagai media yang berbasis elektronik untuk percepatan informasi, efektifitas dan efisiensi serta akuntabilitas terhadap penyelenggaraan pemerintah. E-Government ini konsepnya berasal dari proses koneksitas seluruh oganisasi ( SKPD ) Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam rangka percepatan pelayanan kepada masyarakat.

“Saat ini sudah terbit Peraturan Bupati No 11 tahun 2013 tentang E-govermnet. Semua ini harus mengacu pada perbup tersebut agar tata kelola pemerintahan kita semakin baik untuk meningkatan kualitas layanan masyarakat, terutama dalam hal mempercepat proses dan mempermudah akses interaksi masyarakat,” ungkap Sekretaris Daerah Sinjai, H Taiyeb A Mappasere, SH pada pembukaan acara seminar E-goverment yang berlangsung di ruang pola Kantor Bupati Sinjai, di Tanassang, Kecamatan Sinjai Utara, Kamis (20/3).

Pengembangan E–Government di Kabupaten Sinjai adalah seluruh penyelenggaran pemerintahan baik langsung maupun hanya bersifat minitoring dapat diakses dimanapun berada dengan menggunakan fasilitas internet. Pengembangan e–Government ini kedepannya dengan memperkuat jaringan pengamanan fasilitas internet bagi masyarakat secara gratis.

“Semua sistem informasi tiap SKPD harus terintegrasi dan memberi laporan ke pengambil kebijakan. Selain itu kemampuan SDM juga harus terus ditingkatkan untuk bisa memanfaatkan semua kemajuan teknologi dengan baik dan beretika,” jelasnya. Seminar sehari itu di hadiri perwakilan dari sejumlah SKPD lingkup Pemkab Sinjai. Mereka di pandu dua orang narasumber yang di datangkan dari Aptikom wilayah IX sulawesi. Mereka masing-masing DR (Eng) Armin Lawi, S.Si, M.Eng dan Erwin Renaldy, S.Kom, MT.

Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP)

Kegiatan ini berlangsung di Aula Diskominfobudpar Sinjai, Selasa/15 April 2014 yang pesertanya perwakilan dari Instansi-Instansi Lingkup Pemda Sinjai. Bimtek tersebut dibuka oleh Ibu Asisten II Ekonomi Pembangunan Setdakab.Sinjai, Dr. Hj. Nikmat B. Situru, M.Kes, bimtek ini bertujuan agar setiap instansi dapat menginput sendiri semua pengadaan barang/jasa instansinya masing-masing sehingga  instansi. Sehingga ini memudahkan ULP dan LPSE dalam proses pengadaan barang/jasa dari instansi tersebut.

Bimbingan Teknis Sistem Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (SPSE)

Kegiatan ini sasarannya untuk anggota pokja ULP yang telah dibentuk yang bertugas mengatur seluruh pengadaan barang dan jasa pemerintah khususnya di Kabupaten Sinjai. Jumlah peserta sebanyak 25 orang dari ULP yang akan diberikan pelatihan mengenai SPSE, karena mereka yang akan banyak berperan dalam proses pengdaan barang/jasa yang akan di LPSE kan, bimtek berlangsung pada hari Rabu, 16 April 2014 di AulaDiskominfobudpar Sinjai.

ASISTEN ADMINISTRASI UMUM MEMBUKA SEMINAR KEBUDAYAAN

Rabu, 23 April 2014 Asisten Administrasi Umum, Drs.Akmal MS mewakili Bupati Sinjai membuka Seminar/Dialog Kebudayaan bertempat di Aula Diskominfobudpar, Rabu (23/4). Membacakan sambutan Bupati pada acara pembukaan tersebut, ia menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan momentum yang tepat dan strategis terutama dalam kaitannya dengan situasi serta kondisi bangsa dan negara kita yang sedang diperhadapkan dengan beberapa tantangan yang kompleks dan beruntung, seperti perubahan perilaku sosial masyarakat yang lambat laun mulai menjauh dari kultur bangsa yang sebenarnya. Melalui seminar ini, ia mengharapkan dapat menghasilkan sesuatu solusi dan konsep yang konstruktif dalam menyikapi kondisi pola kehidupan masyarakat yang beragam dan plural termasuk dalam hal budaya tradisional keagamaan. Olehnya itu, pengembangan budaya tradisional kabupaten Sinjai dimasa yang akan datang seyogyanya orientasinya di dorong oleh dua dimensi.Dimensi pertama adalah penanaman rasa taqwa kepada TYME dan dimensi kedua adalah mengharapkan pada pengembangan hubungan interaksi kepada sesama. Narasumber dalam dialog ini adalah Prof.DR.H.Arifuddin Ahmad, M.Ag, DR.Halilintar Latief, M.Pd serta Drs.Muhannis, MM.

UPACARA MEMPERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-106 TAHUN 2014 TINGKAT KAB. SINJAI
Pemerintah kabupaten Sinjai melalui Dinas Komunikasi Informatika Kebudayaan dan Kepariwisataan memperingati Hari Kebangkitan Nasional – HARKITNAS ke 106 tahun 2014 melalui Upacara Bendera di halaman kantor Bupati lama, Selasa (20/5). Hujan deras mewarnai pelaksanaan Upacara ini, tepat ketika Sang Merah Putih akan dikibarkan, namun seluruh peserta upacara dan para undangan tetap khidmat mengikuti jalannya upacara hingga selesai. Wakil Bupati Sinjai selaku Inspektur Upacara, dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika menyampaikan bahwa, peringatan HARKITNAS tahun ini mengambil tema, Maknai Kebangkitan Nasional melalui kerja nyata dalam suasana keharmonisan dan kemajemukan bangsa. Tema tersebut mengandung tiga makna yang sekaligus menjadi instrumen ukuran sejauh mana nilai-nilai nasionalisme terimplementasi dalam karsa, cipta dan karya kekinian kita secara nyata. Artinya, nasionalisme bukan sekedar diskursus dan wacana yang sorak-sorai. Makna kedua, bahwa kita pada dasarnya menginginkan sebuah keharmonisan dalam perilaku kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Ketiga, adalah memberi rujukan bahwa kekuatan sebuah bangsa tercirikan dari bagaimana perbedaan dan kemajemukan dapat terkelola menjadi kekuatan. Semangat dan makna peringatan HARKITNAS tahun ini adalah semangat untuk berani melakukan evaluasi diri, semangat bagi penguatan komitmen seluruh komponen dan potensi bangsa dalam membangun Indonesia ke depan yang lebih baik. Setelah upacara, para undangan melakukan Ziarah Nasional ke Taman Makam Pahlawan Mangottong, Sinjai.


WAKIL BUPATI MEMBUKA PEMILIHAN DA’I PELAJAR
Wakil Bupati Sinjai, H.A.Fajar Yanwar, SE membuka Pemilihan Da’i Pelajar 2014 di pelataran Dinas Komunikasi Informatika Kebudayaan dan Kepariwisataan kabupaten Sinjai, Kamis (17/7). Dalam sambutannya pada acara pembukaan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan yang digelar oleh Radio Suara Bersatu ini merupakan kegiatan yang positif untuk mempertebal nilai imtaq anak-anak kita, selaku generasi penerus sehingga tidak mudah goyah oleh pengaruh negatif perkembangan teknologi di era globalisasi yang semakin canggih ini.Karena perkembangan teknologi harus dibarengi dengan pembekalan iman dan taqwa. Masih dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh Radio Suara Bersatu, tentunya dapat menjadi era dimana syiar Islam di kabupaten Sinjai ini akan semakin berkembang semakin banyak lahir Da’i muda yang mampu menjadi pemberi semangat bagi generasi muda lainnya di masa yang akan datang, sehingga apa yang menjadi salah satu program Panca Abdi pemerintah Sinjai, yakni pembangunan bidang agama, dapat berjalan dengan maksimal. Pemilihan Da’i Pelajar Tahun 2014 ini diikuti sejumlah pelajar di Kabupaten Sinjai.

 

 

 

 

Print

Kegiatan 2014 Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

ASISTEN II SETDAKAB SINJAI MEMBUKA SOSIALISASI PENGUATAN SISTEM PERENCANAAN DALAM RANGKA PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN HEWAN

Rabu, 29 Januari 2014 Asisten Administrasi Perekonomian Pembangunan Setdakab Sinjai, dr.Hj.Nikmat B.Situru, M.Ap membuka secara resmi sosialisasi Penguatan Sistem Perencanaan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan hewan, di Gedung Wisma Hawai, Selasa (28/1).  Sosialisasi ini digelar terkait dengan kerjasama Pemerintah kabupaten Sinjai dalam hal ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sinjai dengan pemerintah Australia melalui program AIP-EID. Representative AIP-EID Prgram Bapak Goeff Chubb ketika memberikan sambutan dalam bahasa Indonesia mengatakan bantuan yang diberikan sebesar A$22 juta selama tahun 2012-2014.

Tahun ini merupakan tahun keempat program dan terakhir namun diharapkan program ini dapat terus berlanjut tanpa adanya biaya tambahan.Ia sangat bangga karena Pemkab Sinjai mengapresiasi kegiatan ini. Ia menambahkan bahwa program ini bertujuan untuk memberikan kontribusi untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.Program ini menjadikan kabupaten Sinjai dan Barru sebagai daerah percontohan di Sulawesi Selatan.Dalam program ini beberapa kegiatan yang akan dilakukan diantaranya surveylan penyakit hewan, pengawasan dan pemberantasan, vaksinasi, investigasi penyakit dan pemeriksaan hewan sebelum dipindahkan. Sementara itu, dr.Hj.Nikmat B.Situru ketika membacakan sambutan Bupati Sinjai menyampaikan bahwa sesuai Visi Pemerintah Daerah kabupaten Sinjai 2014-2018 yaitu Sinjai Bersatu, Sejahtera, Unggul, dalam kualitas hidup serta terdepan dalam pelayanan publik.Di bidang peternakan, Pemda fokus kepada upaya pengembangan ternak lokal dengan memanfaatkan teknologi modern yang lebih maju. Untuk mendapatkan hasil produksi peternakan yang maksimal perlu diperhatikan masalah kesehatan hewan, sehingga menjadi prioritas, maka dengan itu mekanisme dalam perencanaan dan penganggaran harus memadukan antara kebijakan dari atas dan aspirasi yang berkembang dari bawah.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan kabupaten Sinjai, Irwan Suaib,S.STP,M.Si menjelaskan bahwa di kabupaten Sinjai, kecamatan Sinjai Timur dan Sinjai Selatan merupakan kecamatan percontohan karena kecamatan tersebut memiliki populasi ternak yang cukup banyak dibandingkan kecamatan lain di kabupaten Sinjai. Di setiap desa dari kedua kecamatan tersebut nantinya akan dibentuk PELSA – Pelapor Desa, yang bertugas untuk melaporkan setiap kejadian melalui sms terkait hewan ternak di desa masing-masing.Informasi yang disampaikan melalui sms terintegrasi dengan propinsi dan pusat, sehingga pemerintah pusat dapat langsung mengetahui pelaporan terkait hewan ternak di daerah.


 

Print

Kegiatan 2014 Dinas Koperasi dan UMKM

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

WAKIL BUPATI SINJAI MEMBUKA RAPAT ANGGOTA TAHUNAN SE-KABUPATEN SINJAI

Wakil Bupati Sinjai, H.A.Fajar Yanwar,SE membuka secara simbolis Rapat Anggota Tahun-RAT se-kabupaten Sinjai di Gedung Pertemuan, Kamis (23/1). Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa salah satu keberpihakan pemerintah daerah dalam merangsang akselerasi pembangunan perkoperasian di kabupaten Sinjai dirumuskan dalam strategi dan arah kebijakan umum pemerintah daerah saat ini dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi kerakyatan berbasis potensi lokal melalui fasilitas permodalan, penguatan kelembagaan perekonomian dalam hal menata sistem birokrasi yang mudah dan murah serta pelayanan yang cepat pada lembaga seperti koperasi, KUD atau lembaga lainnya yang resmi dan diakui oleh pemerintah. Ia menambahkan bahwa kebijakan pemerintah daerah senantiasa bertumpu pada peningkatan pembinaan koperasi yang lebih terencana, terarah dan komprehensif oleh karena pemberdayaan koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah merupakan bagian integral dari rencana strategis yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat adil,makmur dan sejahtera. Pemerintah saat ini terus menggulirkan program terpadu guna memperluas peluang usaha bagi koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah.Program terpadu diarahkan untuk memperluas akses permodalan yang dapat meningkatkan usaha dan peran koperasi.

Sementara itu, Plt.Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Lukman Fattah,SE,MM dalam laporannya pada acara tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perkoperasian bagi gerakan koperasi se-kabupaten Sinjai, untuk memacu para penggiat dan pengelola koperasi agar mampu berkiprah dengan baik ditengah persaingan usaha yang semakin ketat serta mendorong terciptanya pengelolaan koperasi yang lebih profesional dan berdaya saing. Dalam laporannya juga disampaikan bahwa jumlah koperasi sebanyak 129 unit dengan rincian Koperasi Unit Desa (KUD) sebanyak 13 unit, Koperasi Pegawai Republik Indonesia sebanyak 51 unit, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) sebanyak 12 unit, Koperasi lainnya sebanyak 53 unit.Jumlah koperasi aktif sebanyak 103 unit dan tidak aktif sebanyak 26 unit dengan omzet sebesar 52 milyar rupiah lebih serta nilai perolehan sisa hasil usaha sebesar 3 milyar rupiah lebih sementara jumlah usaha mikro kecil dan menengah sebanyak 8.994 unit yang tersebar di 9 kecamatan di kabupaten Sinjai.

Dalam acara tersebut juga berlangsung penyerahan piala kepada Koperasi Berprestasi tingkat kabupaten Sinjai tahun 2013.Terbaik I adalah KPRI Ikhlas Depag, terbaik II PKPRI dan terbaik III KPRI Kesehatan Kabupaten Sinjai.

Planet Sinjai