Error
  • JFile: :read: Unable to open file:
  • JFile: :read: Unable to open file:
Print

Kegiatan 2015 - DISKOMINFOBUDPAR

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

DISKOMINFOBUDPAR GELAR RAPAT PANITIA PERSIAPAN PAMERAN DALAM RANGKA HJS KE 450

Tahun ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai kembali akan menggelar pameran pembangunan dalam rangka memperingati Hari Jadi Sinjai yang ke-451. Sama seperti tahun sebelumnya, dimana kegiatan ini akan berlangsung selama 10 hari yang dimulai, 18-27 Februari mendatang, di Lapangan Sinjai Bersatu.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Kebudayaan dan Kepariwisataan (Diskominfobudpar) Sinjai, H. Muh. Yassin Amin mengatakan kegiatan pemeran yang akan dilaksanakan ini tetap melibatkan seluruh SKPD, Kecamatan, intansi vertikal, BUMN, BUMD, Sekolah, organisasi pemuda, Profesi, wanita dan masyarakat termasuk pengusaha lokal dan luar sinjai.

"Kali ini, kita lebih banyak melibatkan masyarakat terutama pengusaha lokal dan industri kecil, sedangkan SKPD itu sendiri disepakati hanya mengunakan tribun lapangan sinjai bersatu sebagai stand untuk memamerkan hasil potensi dan pembangunan kabupaten sinjai", terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, tujuan dari kegiatan ini sendiri sebagai sarana untuk menyebarkan informasi potensi sinjai kepada pengunjung pameran pembangunan atau masyarakat.

"Jadi semua SKPD nantinya tetap memamerkan potensi sinjai dan program kegiatan masing-masing baik yang sudah, sedang dan yang akan dilaksanakan serta sebagai sarana hiburan bagi masyarakat", Jelas Muh. Yassin yang juga selaku ketua seksi pelaksana pameran.

Selain pameran pembangunan, kegiatan lainnya seperti lomba kebersihan, kegiatan olahraga, kesenian dan keagamaan juga akan menyemarakkan peringatan Hari jadi Sinjai tahun ini. Sementara itu, pada puncak peringatan hari jadi sinjai juga akan dilaksanakan malam ramah tamah dilokasi pameran pembangunan.

==============

Pembukaan Pameran Pembangunan Hari Jadi Sinjai Ke-451 Tahun 2015
Lap. Sinjai Bersatu, 18 Februari 2015

Panggung Hiburan Pertunjukan Pesta Rakyat Meriahkan Pameran Pembangunan Hari Jadi Sinjai Ke-451 Tahun 2015, Lap. Sinjai Bersatu, 18 Februari 2015.

Usai Pembukaan Pameran Pembangunan Hari Jadi Sinjai Ke-451 Tahun 2015, Bupati Sinjai H.Sabirin Yahya, Bersama Ketua DPRD Sinjai, Porkopinda Sinjai, dan Rombongan Berkunjung di Stand Pameran Pembangunan, Lap. Sinjai Bersatu, Rabu, (18/2).

Ramah Tamah dan Penutupan Pameran & Pesta Rakyat Dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Sinjai Ke-451 Tahun 2015
Lap. Sinjai Bersatu, 27 Februari 2015

FKPPMS dan JPS Sinjai Gelar Pelatihan Internet Berbasis Desa

Puluhan masyarakat Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan mengikuti pelatihan internet yang digelar Forum Komunikasi Pemuda Pelajar Mahasiswa Sanjai (FKPPMS) bekerjasama Jurnalis Peduli Sinjai (JP4), Minggu (22/3/2015).

Pelatihan sehari yang bertema "Membangun Desa Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi" ini menggandeng Relawan Teknologi Informasi Komunikasi (RTIK) Sinjai, dan dibuka Sekretaris Desa Sanjai, Baharuddin. Peserta yang terdiri dari pelajar, pemuda, mahasiswa, ibu-ibu rumah tangga, serta tokoh masyarakat desa antusias menyimak materi-materi yang disuguhkan antara lain, Insan Cakap, Pengenalan Konten dan Fitur Internet, dan Manfaat Internet Untuk Promosi Produk. Ketua RTIK Kabuapten Sinjai, Lutfi Hidayat juga tampil membawakan mataeri dalam kegiatan ini.

Ketua FKPPMS, Umar mengatakan, kegiatan ini merupakan program lembaganya yang sengaja digelar untuk mengenalkan manfaat positif internet kepada masyarakat desa. "Kami ingin agar masyarakat di desa kami bisa mengenal internet secara baik, karena banyak sekali hal yang bisa dilakukan di internet, bukan cuma facebook atau jejaring sosial lainnya, harapan kami internet digunakan masyarakat desa untuk kebaikan termasuk misalnya melakukan promosi produk atau hasil-hasil pertanian melalui blog," katanya.

Sementara itu, Ketua Jurnalis Peduli Sinjai (JPS), Muhammad Salih mengatakan, pelatihan internet untuk masyarakat desa penting untuk menjawab kebutuhan warga desa akan informasi. "Kami salut ada lembaga mahasiswa dan pemuda berbasis di desa seperti FKPMS yang menelorkan kegiatan seperti ini, ini tentu sangat bermanfaat untuk menjawab kebutuhan masyarakat desa akan informasi khususnya informasi online, kegiatan ini tentu juga menjadi cikal bakal pelatihan internet berbasis desa di Kabupaten Sinjai, kami juga berharap kerjasama seperti ini bisa berkelanjutan," kata jurnalis Kompas TV ini.**

(sumber : iswan/kontributor news)

Diskominfobudpar Sinjai Adakan Pembinaan Sanggar Seni

Dinas Komunikasi Informatika Kebudayaan dan Kepariwisataan (diskominfobudpar) Kabupaten Sinjai belum lama ini telah melakukan kegiatan pembinaan sanggar seni yang ada di kecamatan sinjai timur.

"Kegiatan pembinaan ini dilakukan dalam rangka mengembangkan keseniaan dan meningkatkan kreativitas para penggiat seni yang ada di daerah ini", kata Sekertaris Diskominfobudpar Sinjai, Mansur saat membuka kegiatan tersebut. Menurutnya, selain untuk meningkatkan kreativiatas para penggiat seni juga bagaimana menggali kembali potensi kebudayaan yang ada selama ini.

"Kita ingin agar sanggar seni, khususnya di sinjai timur ini bisa lebih kreatif, terus berkembang dan melestarikan budaya-budaya kita tertuma seni tradisional itu sendiri", Ujarnya. Melalui pembinaan ini diharapkan mampu membangkitkan kembali semangat masyarakat dan para seniman untuk terus menekuni dan mengembangkan kesenian daerah yang ada di kabupaten Sinjai. "Pembinaan ini akan terus kita lakukan agar nantinya generasi kita masih dapat menyaksikan dan menikmati dan keanggunan seni tradisional seperti seni tari", Sambung Mansur.

=======================================================

 

 

 

 

 

 

Attachments:
Download this file (program prioritas.ods)program prioritas.ods[ ]34 kB
Print

Kegiatan 2015 - Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

SEKDA BUKA PELATIHAN DAN SERAHKAN BANTUAN

*Pada Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan dan Bantuan Sarana Usaha

Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, H.Taiyeb.A.Mappasere,SH mewakili Bupati membuka Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan dan Bantuan Sarana Usaha yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi berlangsung di Balai Latihan Kerja (BLK), Kamis (12/2).

Sekretaris Daerah membacakan sambutan Bupati menyampaikan bahwa peningkatan kualitas SDM Indonesia antara lain dapat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan kerja, sebagaimana telah diatur dalam undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pengembangan kewirausahaan bertujuan untuk mendorong kreativitas, inovasi, keberanian melakukan terobosan untuk membangun dan mengembangkan usaha dengan memperhatikan karakteristik daerah.

“Kegiatan ini sebagai upaya untuk mendorong penguatan kelembagaan kelompok usaha yang dibentuk oleh para wirausaha baru yang merupakan peserta pelatihan keterampilan las tahun 2014.Pemberian bantuan sarana usaha berupa peralatan las, haruslah dijadikan motivasi bagi saudara-saudara untuk bekerja mengembangkan usaha dan berusaha secara mandiri”, jelasnya.

Pelatihan ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari mulai tanggal 12 sampai dengan 13 Pebruari 2015 bertempat di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Sinjai.

Peserta pelatihan keterampilan las tahun 2014 dan anggota kelompok yang telah dibentuk berjumlah 20 orang terdiri atas, Kelompok Usaha Mulia Jaya, kecamatan Sinjai Utara 4 orang, Kelompok Usaha Baiturrahman kecamatan Sinjai Utara 3 orang, Kelompok Usaha Simpang Tiga kecamatan Sinjai Selatan 3 orang, Kelompok Usaha SKM kecamatan Sinjai Utara 4 orang, Kelompok Usaha Sipakatuo kecamatan Sinjai Timur 3 orang, kelompok usaha Sepakat Abadi kecamatan Tellulimpoe 3 orang.

Selain itu diserahkan bantuan sarana usaha kepada masing-masing kelompok berupa travo las listrik 900A, mesin gurinda tangan, mesin bor tangan, mesin bor duduk, mesin cut off, kabel listrik, mata gurinda, meteran ukur, palu, kawat las, mistar siku, spanduk nama kelompok.

SEKDA MEMBUKA BIMTEK KELUARGA HARAPAN

Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai,H.Taiyeb A.Mappasere,SH membuka Bimbingan Teknis Program Keluarga Harapan (PKH) yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Sinjai yang berlangsung di Aula Srikandi, Kamis (30/4).

Sekda Sinjai dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) dilaksanakan dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan sekaligus pengembangan kebijakan di bidang perlindungan sosial sejak tahun 2007 dan cukup berhasil di beberapa negara yang dikenal dengan bantuan tunai bersyarat.

“PKH bukanlah kelanjutan dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) tetapi merupakan salah satu strategi penanggulangan kemiskinan dimana yang ditujukan kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dengan persyaratan yang dikaitkan dengan upaya peningkatan SDM seperti pendidikan, kesehatan dan gizi”, jelasnya.

Berdasarkan data jumlah RTSM yang tercantum dalam SK penetapan lokasi PKH yang merupakan basis data terpadu yang disiapkan oleh TNP2K sebanyak 2.015 RTSM.Pada penyaluran Tahap Perdana Triwulan Keempat tahun 2014 Jumlah Keluarga Sangat Miskin yang mendapatkan bantuan sebanyak 1.286 KSM dengan alokasi dana bantuan sebesar 489.285.000.

Sementara Tahap Pertama Tahun 2015 Jumlah Keluarga Sangat Miskin yang mendapatkan bantuan sebanyak 1.272 KSM dengan alokasi dana bantuan sebesar 354.250.000.

Sekda mengharapkan Bimtek ini tidak hanya sebatas bertemu tetapi harus dapat melahirkan berbagai gagasan dan pemikiran serta memperluas wawasan sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dalam mengemban tugas pokok, peran dan fungsi sebagai pelayan masyarakat khususnya penanganan permasalahan sosial.

Peserta Bimtek ini terdiri dari Petugas Fasdik dan Faskes serta Pendamping dan Operator Program Keluarga Harapan sebanyak 120 orang.Narasumber Bimtek terdiri dari Drs.Mardi dari perwakilan Kementerian Sosial dan Drs.Junaidi Zainal selaku perwakilan dari Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Print

Kegiatan 2015 - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

PERESMIAN PLTS DI PULAU SEMBILAN

Wakil Bupati Sinjai, H.A.Fajar Yanwar,SE meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat di Pulau Kanalo I Desa Pulau Persatuan Kecamatan Pulau Sembilan kabupaten Sinjai, Kamis (22/1).

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Sinjai mencanangkan berbagai program yang terangkum dalam Panca Abdi dan menjadi prioritas sebagai landasan pembangunan yang meliputi bidang agama, pendidikan, kesehatan,perekonomian dan infrastruktur.

“Dengan berpijak pada landasan tersebut, maka Pemkab Sinjai berkomitmen untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan berupaya untuk memenuhi kebutuhan energi dengan mengadakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat sebagai bentuk energi alternatif atau energi baru dan terbarukan”,jelasnya.

Wakil Bupati mengharapkan dengan keberadaan PLTS terpusat tersebut, maka masyarakat dapat meningkatkan kualitas ibadahnya di malam hari khususnya pada bulan ramadhan, pelajar dapat menambah jam belajar pada malam hari agar mampu bersaing dan berprestasi, para tenaga kesehatan dapat terbantu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat serta para nelayan dapat langsung mengolah hasil tangkapan atau budidayanya sehingga Panca Abdi yang dicanangkan dapat dirasakan oleh masyarakat Pulau Kanalo I.

Planet Sinjai