Print

Kegiatan 2014 Disperindag

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

SEKKAB. SINJAI SIDAK PASAR SENTRAL


-Temukan Produk Makanan dan Minuman Kadaluarsa

SINJAIi,-- Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sinjai, Taiyeb A Mappasere, di Pasar Sentral Kabupaten Sinjai, Rabu, 2 April kemarin, menemukan puluhan produk makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa.

Pada inspeksi mendadak Taiyeb A Mappasere menemukan beberapa makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa. Selain itu, Taiyeb juga menemukan sejumlah komoditi yang mengalami lonjakan harga di pasar, yaitu komoditi cabe rawit dan cabe keriting. Bahkan, kata dia, kenaikan komoditi itu mencapai Rp 10 sampai Rp 15 ribu perkilogramnya.

Sekab Sinjai, Taiyeb A Mappasere menjelaskan, sidak ini di dasarkan pada ketentuan Undang-undnag Nomor 8 tentang perlindungan konsumen dan Undang-undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang metrologi ilegal.

"Makanya saya berharap kepada para pedagang arif menyikapi hal ini. Saya meminta agar barang yang kadaluarsa tidak lagi dipajang untuk dijual,"kata dia.

Menurutnya, barang yang ditemukan kadaluarsa maka akan ditarik dari peredaran. Dalam waktu dekat, saya akan mengintruksikan kepada perindag dan kesehatan untuk memanggil para distributor bandel.

Jelang Bulan Puasa, Pemerintah Daerah Kab. Sinjai, yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kab. Sinjai, H. Taiyeb A. Mappasere dengan KP3 dan TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Pasar Sentral Kab. Sinjai. Rabu, (28/05).

H.Taiyeb A Mappasere mengatakan bahwa sidak ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat jelang bulan puasa. "Kami turun bersama instansi terkait yakni KP3, TPID (Tim pengendalai Inflasi Daerah) untuk memantau harga kebutuhan pokok masyarakat dan memantau ketersedian kebutuhan pokok di pasaran." Ujarnya Selain memantau ketersediaan stok, kami juga memantau harga kebutuhan pokok yang ada. Alhamdulillah, harga kebutuhan pokok seperti cabai, telur dan bawang merah turun, bahkan ada yang turun hingga 50 persen dari yang kita pantau sebelumnya, itu artinya, stok bahan pokok cukup. Kendati demikian ada beberapa stok kebutuhan pokok yang akan kami laporkan ke pemerintah provinsi, seperti terigu, gula pasir karena memang distributornya ada di makassar. Namun dari hasil pemantauan ini, boleh dikatakan stok kebutuhan pokok di kab. Sinjai masih aman."

Katanya Oleh karena itu, kami pemerintah daerah akan terus berupaya bagaimana supaya pendistribusian barang kebutuhan pokok ini lancar, karena yang biasa mempengaruhi naiknya harga kebutuhan pokok karena tidak lancar pada pendistribusiannya. "Kita upayakan agar kebutuhan pokok masyarakat berjalan lancar, agar harga tidak naik." Katanya Selain memantau stok dan harga kebutuhan pokok, sidak yang dipimpin sekda ini juga melakukan pemantauan stok pupuk bagi petani. "Kami juga akan memantau stok pupuk karena saat ini masyarakat kita (petani) sudah melakukan musim tanam, otomatis setelah menanam mereka akan melakukan pemupukan bagi tanaman padi mereka."


SEKRETARIS DAERAH KAB. SINJAI MEMBUKA SOSIALISASI PEMAHAMAN PERUNDANG-UNDANGAN TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN METROLOGI LEGAL

Sekretaris Daerah Kab. Sinjai, H. Taiyeb A Mappasere Membuka sosialisasi pemahaman perundang-undangan tentang perlindungan konsumen dan metrologi legal di Ruang Pola Kantor Bupati Lama Sinjai, Rabu (28/05/14).Dalam Sambutannya Mengatakan kegiatan ini dilaksanakan agar kita semua bisa memahami manfaat dari pengawasan terhadap barang dan jasa yang beredar di pasar agar memenuhi standar, Label, Klausula Baku, Pelayanan Purna Jual, Cara menjual, Barang yang dilarang beredar di pasar, Barang yang diatur tata niaganya, Perdagangan barang-barang dalam pengawasan dan distribusi. "Tentu kita semua berharap agar peningkatan kualitas pengawasan sehingga mampu mendokrak pertumbuhan ekonomi dan mendatangkan investasi yang membawa pengaruh positif bagi kesejahteraan rakyat." Katanya Meski demikian, kualitas pengawasan tidak bisa dipungkiri masih sangat rendah, hal ini diakibatkan karena SDM yang terbatas dan kompeten, serta sulitnya memahami peraturan maupun keterbatasan waktu dan anggaran "Olehnya itu, melalui sosialisasi ini, dapat dijadikan sebagai acuan dasar dalam meningkatkan efektifitas pengawasan kemetrologian dan pemberdayaan perlindungan konsumen, khususnya di Kab. Sinjai." Katanya
 
SEKDA SINJAI SIDAK PASAR MENJELANG BULAN RAMADHAN
 
Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai Melakukan Sidak Pasar Menjelang Bulan Suci Ramadhan di Pimpin Oleh Sekretaris Daerah Kab. Sinjai H. Taiyeb A. Mappasere serta TIM penekanan Inflasi yang tergabung diantaranya,Camat Sinjai utara,kepala dinas Pertanian,kepala Dinas perindag,dinas peternakan, dinas Perhubungan dan Bagian Perekonomian, yang gelar di pasar sentral sinjai, Minggu (15/06). Harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar merangkak naik usaha Pemerintah kabupaten Sinjai ini terus melakukan penekanan harga Seperti yang dikatakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai Andi Tayyeb Mappasere langkah yang dilakukan Pemerintah ini selain bentuk usaha menekan harga kebutuhan pokok juga ingin mengetahui langsung kesiapan sejumlah pedagang kaki lima yang ada di Pasar menghadapi bulan suci Ramadhan "sidak pasar tersebut dilakukan setiap minggu,selain melihat kondisi harga bahan pokok jelang bulan ramadhan juga Pemerintah melihat kondisi nilai jual masyarakat"ungkapnya dalam sidak tersebut Pemerintah menemukan adanya kenaikan harga sejumlah bahan pokok yakni gula pasir,terigu dan susu,untuk mengetahui sebab akibat kenaikan harga tersebut. Sekretaris daerah Kabupaten Sinjai Andi Tayyeb A. Mappasere yang ditemui di pasar sentral Sinjai akan mendata harga yag mengalami kenaikan tersebut dan akan dilaporkan "sementara ini kami menemukan pada bahan pokok seperti gula,terigu.dan susu mengalami kenaikan harga,dan sementara ini kami data secara keseluruhan"ungkapnya, Salah satu pedagang dipasar sentral ini Hasbia mengatakan bahwa kenaikan harga itu disebabkan karena adanya kenaikan harga dari Makassar,sehingga dirinya mengaku harus mengikuti patokan tersebut "patokan harga ini kami harus ikuti,karena kami tidak mau rugi,seperti susu dan terigu serta gula mengalami kenaikan karena juga ada kenaikan harga di pusatnya"ungkapnya.
 
 
 
SEKRETARIS DAERAH KAB. SINJAI MENGGELAR SIDAK PASAR MENJELANG BULAN RAMADHAN
 
Sekretaris Daerah Kab. Sinjai kembali menggelar sidak harga kebutuhan pokok jelang ramadhan, di Kawasan Pasar Sentral Sinjai, Sinjai, Kamis (26/06). Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, H. Taiyeb A Mappase mengatakan Bahwa dari sidak ini diketahui bahwa harga kebutuhan pokok di kabupaten sinjai tergolong masih stabil. "Mudah-mudahan, harga kebutuhan pokok masyarakat tidak mengalami kenaikan pada bulan ramadhan ini." Ujarnya menambahkan bahwa untuk mengantisipasi kenaikan harga maka saya menghimbau kepada dinas terkait agar intens mengecek stok kebutuhan pokok, karena yang biasa memicu kenaikan harga kebutuhan pokok karena kurangnya ketersediaan stok. " Dari hasil sidak ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sinjai, masih menemukan beberapa barang kadaluarsa seperti beberapa campuran kue dan minuman jenis sirup yang masih terpajang untuk di jual. Kepala Bidang Perlindungan Konsumen, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sinjai, Muliati mengatakan bahwa barang yang kadaluarsa ini langsung kami sita. "Kami akan langsung melakukan penyitaan barang, agar tidak lagi ada barang kadaluarsa yang dipajang penjual." Ujar Muliati Sementara pemilik toko yang ingin dikonfirmasi terkait jualannya yang sudah kadaluarsa memilih kabur dan menghindar dari tim Sidak.


 

 

Print

Kegiatan 2014 Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda)

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

ASISTEN ADMINISTRASI UMUM MEMBUKA WORKSHOP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH TENTANG PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH

Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai, Drs.H.Akmal MS mewakili Bupati membuka secara resmi Workshop Implementasi Peraturan Daerah Tentang Pajak dan Retribusi Daerah di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Rabu (11/6). Dalam sambutannya membacakan sambutan Bupati Sinjai, ia menyampaikan bahwa pemungutan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang dilaksanakan sekarang ini berdasarkan ketentuan Undang Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dan berlaku sejak 1 Januari 2010. Berdasarkan hal tersebut secara otomatis semua perda pemungutan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah berdasarkan Undang-undang Nomor 34 Tahun 2000 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) yang dimiliki setiap Kabupaten/Kota di Indonesia tidak berlaku lagi, termasuk pula Perda Pajak dan Retribusi yang dimiliki dan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai. Atas perubahan UU tersebut, perbedaan yang paling mencolok pasca terbitnya UU No.28 Tahun 2009 adalah pada sistem pemungutannya yang bersifat close list yang artinya disini bahwa daerah tidak diperbolehkan memungut Pajak Daerah dan Retribusi Daerah selain yang ditetapkan dalam Undang-Undang. Masih dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa untuk komponen Retribusi Jasa Umum terdapat beberapa jenis nomenklatur baru sebagai sumber PAD di kabupaten Sinjai, yiatu Retribusi Pelayanan Tera Ulang, Retribusi Pelayanan Pendidikan, dan Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi. Sementara itu, Panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan maupun menyegarkan kembali pengetahuan aparatur pengelola pajak daerah dan retribusi daerah agar mampu memberikan pelayanan maksimal bagi wajib pajak dan wajib retribusi dalam pemenuhan kewajibannya serta bagi aparat pengurus barang dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam pengelolaan barang milik daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Narasumber pada acara ini dari Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Prov.Sulawesi Selatan dan Direktorat Jendral Pajak Wilayah Sulawesi Selatan Barat dan Tenggara serta Pejabat Eselon II lingkup Pemkab Sinjai.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai H. Taiyeb A. Mappasere, SH Membuka Penyuluhan Pajak Daerah, Upt. Dispenda Provinsi Sul-Sel Wilayah Sinjai yang diselenggarakan di Hotel Sinjai, Jumat(20/6).

 

 

Print

Kegiatan 2014 Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

Pameran dalam rangka hari Susu Nasional (HSN) ke 4 di anjungan Pantai Losari yg berlangsung tgl 31 /5 - 1/6 2014. Ikut pada pameran tersebut yaitu Direktorat Jenderal Peternakan dan Keswan, BBV maros, Balai Pembibitan Sapi Perah Batu Raden, DPKH Prop SulSel, DPKH Prop. SumSel , DPKH Kab. Sinjai, Dinas Peternakan Kab. Enrekang, Disnak Kab. Bantaeng dan para industri pengolahan susu seperti Anlene, SGM dll.

 

Print

Kegiatan 2014 Dinas Pertanian dan TPH

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

PEMUTAHIRAN DATA ANGKA TETAP 2013 DAN ANGKA RAMALAN I 2014 STATISTIK TANAMAN PANGAN - DINAS PErTANIAN TPH PROVINSI SULSEL DAN BPS SULSEL, Makassar 12-22 Mei 2014

Planet Sinjai