Print

Kegiatan 2015 - Dinas Perhubungan

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

Wakil Bupati Sinjai Buka Sosialisasi Keselamatan Pelayaran

Puluhan warga sinjai mengikuti sosialisasi keselamatan pelayaran yang digelar Dinas Perhubugan Kabupaten Sinjai, Selasa (31/03) di Gedung Pertemuan TPI Lappa. Sosialisasi dengan tema "Mewujudkan Transportasi Laut Yang Aman dan Terjamin Di Kabupaten Sinjai", ini hanya berlangsung selama sehari. "Dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat bisa paham dan mewujudkan transportasi laut yang aman dan terjamin atau paling tidak dapat meminimalisir terjadinya resiko
kecelakaan dilaut", Kata Wakil Bupati, H. A. Fajar Yanwar saat membuka sosialisasi tersebut. Menurutnya ini penting demi keselamatan masyarakat dalam melakukan pelayaran. Kemudian bagi pengusaha angkutan agar tetap memperhatian hak-hak penumpang termasuk keselamatannya itu sendiri. "Jadi memang ada kewajiban dan tanggungjawab pengangkut sesuai dengan Undang-Undang pelayaran. Jika ini tidak dilaksanakan maka ada sanksi hukum", Terangnya. Lebih lanjut, wakil bupati mengatakan selaku pemerintah tentu memiliki tanggungjawab yang besar untuk menjaga seluruh warga dan memberikan jaminan keselamatan dalam bidang pelayaran khususnya di Kabupaten Sinjai. "Sekali lagi kami ingatkan agar undang-undang pelayaran harus dipatuhi dan ditaati terutama bagi masyarakat yang bergelut dibidang pelayaran", Harapnya.Dari pantauan tim web sinjai, para peserta baik pengusaha angkutan, calon penumpang maupun masyarakat lainnya begitu antusias mengikuti setiap materi yang disampaikan oleh narasumber, baik itu Kapolres Sinjai maupun dari Dinas Perhubungan Propinsi SulSel.***

WAKIL BUPATI MEMBUKA SOSIALISASI KESELAMATAN KELUARGA

Wakil Bupati Sinjai, H.A.Fajar Yanwar,SE membuka Sosialisasi Keselamatan Pelayaran Bagi Nelayan se-kabupaten Sinjai yang berlangsung di Gedung Pertemuan PPI Lappa, Selasa (31/3).

Dalam sambutannya, Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada para pengusaha angkutan, calon penumpang, dan masyarakat Sinjai pada umumnya tentang keselamatan pelayaran, sehingga kita dapat mewujudkan transportasi laut yang aman dan terjamin sehingga dapat meminimalisir terjadinya resiko kecelakaan laut dan menciptakan rasa aman dan jaminan terhadap hak-hak penumpang.

“Sesuai amanat undang-undang no 17 tahun 2008 tentang pelayaran, pengusaha angkutan mempunyai kewajiban dan tanggungjawab atas penumpang dan muatan lainnya”, jelasnya.

Ia menjelaskan kewajiban dan tanggungjawab pengangkut antara lain, mengangkut penumpang dan atau barang lainnya yang disepakati dalam perjanjian pengangkutan, dibuktikan dengan karcis penumpang dan dokumen muatan, bertanggungjawab terhadap keselamatan dan keamanan penumpang dan atau barang yang diangkutnya, mengasuransikan tanggungjawabnya dan melaksanakan asuransi perlindungan dasar penumpang umum serta memberikan fasilitas khusus dan kemudahan bagi penyandang cacat, wanita hamil, anak di bawah 5 tahun, orang sakit dan orang lanjut usia.

Apabila ketentuan kewajiban dan tanggungjawab pengangkut dalam undang-undang pelayaran tersebut tidak dilaksanakan maka akan ada sanksi hukum yang mengatur hal tersebut.

Di akhir sambutan Ia menyampaikan kepada para peserta untuk serius mengikuti kegiatan tersebut dan kepada para narasumber agar memberikan yang terbaik berupa bimbingan kepada para peserta sosialisasi agar hasil sosialisasi ini sesuai dengan harapan bersama, yaitu terwujudnya transportasi laut yang aman dan terjamin.

 

 

Print

Kegiatan 2015 - DISKOMINFOBUDPAR

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

DISKOMINFOBUDPAR GELAR RAPAT PANITIA PERSIAPAN PAMERAN DALAM RANGKA HJS KE 450

Tahun ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai kembali akan menggelar pameran pembangunan dalam rangka memperingati Hari Jadi Sinjai yang ke-451. Sama seperti tahun sebelumnya, dimana kegiatan ini akan berlangsung selama 10 hari yang dimulai, 18-27 Februari mendatang, di Lapangan Sinjai Bersatu.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Kebudayaan dan Kepariwisataan (Diskominfobudpar) Sinjai, H. Muh. Yassin Amin mengatakan kegiatan pemeran yang akan dilaksanakan ini tetap melibatkan seluruh SKPD, Kecamatan, intansi vertikal, BUMN, BUMD, Sekolah, organisasi pemuda, Profesi, wanita dan masyarakat termasuk pengusaha lokal dan luar sinjai.

"Kali ini, kita lebih banyak melibatkan masyarakat terutama pengusaha lokal dan industri kecil, sedangkan SKPD itu sendiri disepakati hanya mengunakan tribun lapangan sinjai bersatu sebagai stand untuk memamerkan hasil potensi dan pembangunan kabupaten sinjai", terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, tujuan dari kegiatan ini sendiri sebagai sarana untuk menyebarkan informasi potensi sinjai kepada pengunjung pameran pembangunan atau masyarakat.

"Jadi semua SKPD nantinya tetap memamerkan potensi sinjai dan program kegiatan masing-masing baik yang sudah, sedang dan yang akan dilaksanakan serta sebagai sarana hiburan bagi masyarakat", Jelas Muh. Yassin yang juga selaku ketua seksi pelaksana pameran.

Selain pameran pembangunan, kegiatan lainnya seperti lomba kebersihan, kegiatan olahraga, kesenian dan keagamaan juga akan menyemarakkan peringatan Hari jadi Sinjai tahun ini. Sementara itu, pada puncak peringatan hari jadi sinjai juga akan dilaksanakan malam ramah tamah dilokasi pameran pembangunan.

==============

Pembukaan Pameran Pembangunan Hari Jadi Sinjai Ke-451 Tahun 2015
Lap. Sinjai Bersatu, 18 Februari 2015

Panggung Hiburan Pertunjukan Pesta Rakyat Meriahkan Pameran Pembangunan Hari Jadi Sinjai Ke-451 Tahun 2015, Lap. Sinjai Bersatu, 18 Februari 2015.

Usai Pembukaan Pameran Pembangunan Hari Jadi Sinjai Ke-451 Tahun 2015, Bupati Sinjai H.Sabirin Yahya, Bersama Ketua DPRD Sinjai, Porkopinda Sinjai, dan Rombongan Berkunjung di Stand Pameran Pembangunan, Lap. Sinjai Bersatu, Rabu, (18/2).

Ramah Tamah dan Penutupan Pameran & Pesta Rakyat Dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Sinjai Ke-451 Tahun 2015
Lap. Sinjai Bersatu, 27 Februari 2015

FKPPMS dan JPS Sinjai Gelar Pelatihan Internet Berbasis Desa

Puluhan masyarakat Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan mengikuti pelatihan internet yang digelar Forum Komunikasi Pemuda Pelajar Mahasiswa Sanjai (FKPPMS) bekerjasama Jurnalis Peduli Sinjai (JP4), Minggu (22/3/2015).

Pelatihan sehari yang bertema "Membangun Desa Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi" ini menggandeng Relawan Teknologi Informasi Komunikasi (RTIK) Sinjai, dan dibuka Sekretaris Desa Sanjai, Baharuddin. Peserta yang terdiri dari pelajar, pemuda, mahasiswa, ibu-ibu rumah tangga, serta tokoh masyarakat desa antusias menyimak materi-materi yang disuguhkan antara lain, Insan Cakap, Pengenalan Konten dan Fitur Internet, dan Manfaat Internet Untuk Promosi Produk. Ketua RTIK Kabuapten Sinjai, Lutfi Hidayat juga tampil membawakan mataeri dalam kegiatan ini.

Ketua FKPPMS, Umar mengatakan, kegiatan ini merupakan program lembaganya yang sengaja digelar untuk mengenalkan manfaat positif internet kepada masyarakat desa. "Kami ingin agar masyarakat di desa kami bisa mengenal internet secara baik, karena banyak sekali hal yang bisa dilakukan di internet, bukan cuma facebook atau jejaring sosial lainnya, harapan kami internet digunakan masyarakat desa untuk kebaikan termasuk misalnya melakukan promosi produk atau hasil-hasil pertanian melalui blog," katanya.

Sementara itu, Ketua Jurnalis Peduli Sinjai (JPS), Muhammad Salih mengatakan, pelatihan internet untuk masyarakat desa penting untuk menjawab kebutuhan warga desa akan informasi. "Kami salut ada lembaga mahasiswa dan pemuda berbasis di desa seperti FKPMS yang menelorkan kegiatan seperti ini, ini tentu sangat bermanfaat untuk menjawab kebutuhan masyarakat desa akan informasi khususnya informasi online, kegiatan ini tentu juga menjadi cikal bakal pelatihan internet berbasis desa di Kabupaten Sinjai, kami juga berharap kerjasama seperti ini bisa berkelanjutan," kata jurnalis Kompas TV ini.**

(sumber : iswan/kontributor news)

Diskominfobudpar Sinjai Adakan Pembinaan Sanggar Seni

Dinas Komunikasi Informatika Kebudayaan dan Kepariwisataan (diskominfobudpar) Kabupaten Sinjai belum lama ini telah melakukan kegiatan pembinaan sanggar seni yang ada di kecamatan sinjai timur.

"Kegiatan pembinaan ini dilakukan dalam rangka mengembangkan keseniaan dan meningkatkan kreativitas para penggiat seni yang ada di daerah ini", kata Sekertaris Diskominfobudpar Sinjai, Mansur saat membuka kegiatan tersebut. Menurutnya, selain untuk meningkatkan kreativiatas para penggiat seni juga bagaimana menggali kembali potensi kebudayaan yang ada selama ini.

"Kita ingin agar sanggar seni, khususnya di sinjai timur ini bisa lebih kreatif, terus berkembang dan melestarikan budaya-budaya kita tertuma seni tradisional itu sendiri", Ujarnya. Melalui pembinaan ini diharapkan mampu membangkitkan kembali semangat masyarakat dan para seniman untuk terus menekuni dan mengembangkan kesenian daerah yang ada di kabupaten Sinjai. "Pembinaan ini akan terus kita lakukan agar nantinya generasi kita masih dapat menyaksikan dan menikmati dan keanggunan seni tradisional seperti seni tari", Sambung Mansur.

=======================================================

 UPACARA PERINGATAN HARKITNAS KE-107 TINGKAT KAB. SINJAI TAHUN 2015


ZIARAH KE TMP DALAM RANGKA PERINGATAN HARKITNAS KE-107 TAHUN 2015


 

 

 

 

 

Attachments:
Download this file (program prioritas.ods)program prioritas.ods[ ]34 kB
Print

Kegiatan 2015 - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

PERESMIAN PLTS DI PULAU SEMBILAN

Wakil Bupati Sinjai, H.A.Fajar Yanwar,SE meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat di Pulau Kanalo I Desa Pulau Persatuan Kecamatan Pulau Sembilan kabupaten Sinjai, Kamis (22/1).

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Sinjai mencanangkan berbagai program yang terangkum dalam Panca Abdi dan menjadi prioritas sebagai landasan pembangunan yang meliputi bidang agama, pendidikan, kesehatan,perekonomian dan infrastruktur.

“Dengan berpijak pada landasan tersebut, maka Pemkab Sinjai berkomitmen untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan berupaya untuk memenuhi kebutuhan energi dengan mengadakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat sebagai bentuk energi alternatif atau energi baru dan terbarukan”,jelasnya.

Wakil Bupati mengharapkan dengan keberadaan PLTS terpusat tersebut, maka masyarakat dapat meningkatkan kualitas ibadahnya di malam hari khususnya pada bulan ramadhan, pelajar dapat menambah jam belajar pada malam hari agar mampu bersaing dan berprestasi, para tenaga kesehatan dapat terbantu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat serta para nelayan dapat langsung mengolah hasil tangkapan atau budidayanya sehingga Panca Abdi yang dicanangkan dapat dirasakan oleh masyarakat Pulau Kanalo I.