Print

Kegiatan 2014 Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda)

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

ASISTEN ADMINISTRASI UMUM MEMBUKA WORKSHOP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH TENTANG PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH

Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai, Drs.H.Akmal MS mewakili Bupati membuka secara resmi Workshop Implementasi Peraturan Daerah Tentang Pajak dan Retribusi Daerah di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Rabu (11/6). Dalam sambutannya membacakan sambutan Bupati Sinjai, ia menyampaikan bahwa pemungutan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang dilaksanakan sekarang ini berdasarkan ketentuan Undang Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dan berlaku sejak 1 Januari 2010. Berdasarkan hal tersebut secara otomatis semua perda pemungutan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah berdasarkan Undang-undang Nomor 34 Tahun 2000 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) yang dimiliki setiap Kabupaten/Kota di Indonesia tidak berlaku lagi, termasuk pula Perda Pajak dan Retribusi yang dimiliki dan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai. Atas perubahan UU tersebut, perbedaan yang paling mencolok pasca terbitnya UU No.28 Tahun 2009 adalah pada sistem pemungutannya yang bersifat close list yang artinya disini bahwa daerah tidak diperbolehkan memungut Pajak Daerah dan Retribusi Daerah selain yang ditetapkan dalam Undang-Undang. Masih dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa untuk komponen Retribusi Jasa Umum terdapat beberapa jenis nomenklatur baru sebagai sumber PAD di kabupaten Sinjai, yiatu Retribusi Pelayanan Tera Ulang, Retribusi Pelayanan Pendidikan, dan Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi. Sementara itu, Panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan maupun menyegarkan kembali pengetahuan aparatur pengelola pajak daerah dan retribusi daerah agar mampu memberikan pelayanan maksimal bagi wajib pajak dan wajib retribusi dalam pemenuhan kewajibannya serta bagi aparat pengurus barang dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam pengelolaan barang milik daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Narasumber pada acara ini dari Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Prov.Sulawesi Selatan dan Direktorat Jendral Pajak Wilayah Sulawesi Selatan Barat dan Tenggara serta Pejabat Eselon II lingkup Pemkab Sinjai.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai H. Taiyeb A. Mappasere, SH Membuka Penyuluhan Pajak Daerah, Upt. Dispenda Provinsi Sul-Sel Wilayah Sinjai yang diselenggarakan di Hotel Sinjai, Jumat(20/6).

 

 

Print

Kegiatan 2014 Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

Pameran dalam rangka hari Susu Nasional (HSN) ke 4 di anjungan Pantai Losari yg berlangsung tgl 31 /5 - 1/6 2014. Ikut pada pameran tersebut yaitu Direktorat Jenderal Peternakan dan Keswan, BBV maros, Balai Pembibitan Sapi Perah Batu Raden, DPKH Prop SulSel, DPKH Prop. SumSel , DPKH Kab. Sinjai, Dinas Peternakan Kab. Enrekang, Disnak Kab. Bantaeng dan para industri pengolahan susu seperti Anlene, SGM dll.

 

Print

Kegiatan 2014 Dinas Pertanian dan TPH

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

PEMUTAHIRAN DATA ANGKA TETAP 2013 DAN ANGKA RAMALAN I 2014 STATISTIK TANAMAN PANGAN - DINAS PErTANIAN TPH PROVINSI SULSEL DAN BPS SULSEL, Makassar 12-22 Mei 2014

Planet Sinjai