Print

Kegiatan 2014 Dinas Perkebunan dan Kehutanan

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

Sekretaris Daerah H. Taiyeb A. Mappasere, SH membuka Acara Sosialisasi Identifikasi Pemukiman / Pemanfaatan Lahan Dalam Kawasan Hutan yang diselenggarakan di Balroom Hotel Sinjai, Kamis(8/10).

 

Print

Kegiatan 2014 Dinas Komunikasi Informatika Kebudayaan dan Kepariwisataan

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

Pembukaan Pameran Pembangunan Dalam Rangka HJS Ke-450 bertempat di Lapangan Sinjai Bersatu tanggal 18 s/d 27 Februari 2014, kegiatan ini dibuka oleh Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya, S.Sos.

Kunjungan Bupati Sinjai ke Stand Pameran Pembangunan Dalam Rangka Hari Jadi Sinjai Ke-450 Tahun 2014 di Arena Pameran Pembangunan Lapangan Sinjai Bersatu Tanggal 24 Februari 2014

Malam Ramah Tamah dan Penutupan Pameran Pembangunan di Arena Pameran Lap.Sinjai Bersatu Tanggal 27 Februari 2014

Juara I Stand Terbaik RSUD Sinjai Pada Pemeran Pembangunan Tahun 2014

 Pemerintah Kabupaten Sinjai saat ini terus mengembangkan E-government sebagai media yang berbasis elektronik untuk percepatan informasi, efektifitas dan efisiensi serta akuntabilitas terhadap penyelenggaraan pemerintah. E-Government ini konsepnya berasal dari proses koneksitas seluruh oganisasi ( SKPD ) Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam rangka percepatan pelayanan kepada masyarakat.

“Saat ini sudah terbit Peraturan Bupati No 11 tahun 2013 tentang E-govermnet. Semua ini harus mengacu pada perbup tersebut agar tata kelola pemerintahan kita semakin baik untuk meningkatan kualitas layanan masyarakat, terutama dalam hal mempercepat proses dan mempermudah akses interaksi masyarakat,” ungkap Sekretaris Daerah Sinjai, H Taiyeb A Mappasere, SH pada pembukaan acara seminar E-goverment yang berlangsung di ruang pola Kantor Bupati Sinjai, di Tanassang, Kecamatan Sinjai Utara, Kamis (20/3).

Pengembangan E–Government di Kabupaten Sinjai adalah seluruh penyelenggaran pemerintahan baik langsung maupun hanya bersifat minitoring dapat diakses dimanapun berada dengan menggunakan fasilitas internet. Pengembangan e–Government ini kedepannya dengan memperkuat jaringan pengamanan fasilitas internet bagi masyarakat secara gratis.

“Semua sistem informasi tiap SKPD harus terintegrasi dan memberi laporan ke pengambil kebijakan. Selain itu kemampuan SDM juga harus terus ditingkatkan untuk bisa memanfaatkan semua kemajuan teknologi dengan baik dan beretika,” jelasnya. Seminar sehari itu di hadiri perwakilan dari sejumlah SKPD lingkup Pemkab Sinjai. Mereka di pandu dua orang narasumber yang di datangkan dari Aptikom wilayah IX sulawesi. Mereka masing-masing DR (Eng) Armin Lawi, S.Si, M.Eng dan Erwin Renaldy, S.Kom, MT.

Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP)

Kegiatan ini berlangsung di Aula Diskominfobudpar Sinjai, Selasa/15 April 2014 yang pesertanya perwakilan dari Instansi-Instansi Lingkup Pemda Sinjai. Bimtek tersebut dibuka oleh Ibu Asisten II Ekonomi Pembangunan Setdakab.Sinjai, Dr. Hj. Nikmat B. Situru, M.Kes, bimtek ini bertujuan agar setiap instansi dapat menginput sendiri semua pengadaan barang/jasa instansinya masing-masing sehingga  instansi. Sehingga ini memudahkan ULP dan LPSE dalam proses pengadaan barang/jasa dari instansi tersebut.

Bimbingan Teknis Sistem Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (SPSE)

Kegiatan ini sasarannya untuk anggota pokja ULP yang telah dibentuk yang bertugas mengatur seluruh pengadaan barang dan jasa pemerintah khususnya di Kabupaten Sinjai. Jumlah peserta sebanyak 25 orang dari ULP yang akan diberikan pelatihan mengenai SPSE, karena mereka yang akan banyak berperan dalam proses pengdaan barang/jasa yang akan di LPSE kan, bimtek berlangsung pada hari Rabu, 16 April 2014 di AulaDiskominfobudpar Sinjai.

ASISTEN ADMINISTRASI UMUM MEMBUKA SEMINAR KEBUDAYAAN

Rabu, 23 April 2014 Asisten Administrasi Umum, Drs.Akmal MS mewakili Bupati Sinjai membuka Seminar/Dialog Kebudayaan bertempat di Aula Diskominfobudpar, Rabu (23/4). Membacakan sambutan Bupati pada acara pembukaan tersebut, ia menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan momentum yang tepat dan strategis terutama dalam kaitannya dengan situasi serta kondisi bangsa dan negara kita yang sedang diperhadapkan dengan beberapa tantangan yang kompleks dan beruntung, seperti perubahan perilaku sosial masyarakat yang lambat laun mulai menjauh dari kultur bangsa yang sebenarnya. Melalui seminar ini, ia mengharapkan dapat menghasilkan sesuatu solusi dan konsep yang konstruktif dalam menyikapi kondisi pola kehidupan masyarakat yang beragam dan plural termasuk dalam hal budaya tradisional keagamaan. Olehnya itu, pengembangan budaya tradisional kabupaten Sinjai dimasa yang akan datang seyogyanya orientasinya di dorong oleh dua dimensi.Dimensi pertama adalah penanaman rasa taqwa kepada TYME dan dimensi kedua adalah mengharapkan pada pengembangan hubungan interaksi kepada sesama. Narasumber dalam dialog ini adalah Prof.DR.H.Arifuddin Ahmad, M.Ag, DR.Halilintar Latief, M.Pd serta Drs.Muhannis, MM.

UPACARA MEMPERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-106 TAHUN 2014 TINGKAT KAB. SINJAI
Pemerintah kabupaten Sinjai melalui Dinas Komunikasi Informatika Kebudayaan dan Kepariwisataan memperingati Hari Kebangkitan Nasional – HARKITNAS ke 106 tahun 2014 melalui Upacara Bendera di halaman kantor Bupati lama, Selasa (20/5). Hujan deras mewarnai pelaksanaan Upacara ini, tepat ketika Sang Merah Putih akan dikibarkan, namun seluruh peserta upacara dan para undangan tetap khidmat mengikuti jalannya upacara hingga selesai. Wakil Bupati Sinjai selaku Inspektur Upacara, dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika menyampaikan bahwa, peringatan HARKITNAS tahun ini mengambil tema, Maknai Kebangkitan Nasional melalui kerja nyata dalam suasana keharmonisan dan kemajemukan bangsa. Tema tersebut mengandung tiga makna yang sekaligus menjadi instrumen ukuran sejauh mana nilai-nilai nasionalisme terimplementasi dalam karsa, cipta dan karya kekinian kita secara nyata. Artinya, nasionalisme bukan sekedar diskursus dan wacana yang sorak-sorai. Makna kedua, bahwa kita pada dasarnya menginginkan sebuah keharmonisan dalam perilaku kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Ketiga, adalah memberi rujukan bahwa kekuatan sebuah bangsa tercirikan dari bagaimana perbedaan dan kemajemukan dapat terkelola menjadi kekuatan. Semangat dan makna peringatan HARKITNAS tahun ini adalah semangat untuk berani melakukan evaluasi diri, semangat bagi penguatan komitmen seluruh komponen dan potensi bangsa dalam membangun Indonesia ke depan yang lebih baik. Setelah upacara, para undangan melakukan Ziarah Nasional ke Taman Makam Pahlawan Mangottong, Sinjai.


WAKIL BUPATI MEMBUKA PEMILIHAN DA’I PELAJAR
Wakil Bupati Sinjai, H.A.Fajar Yanwar, SE membuka Pemilihan Da’i Pelajar 2014 di pelataran Dinas Komunikasi Informatika Kebudayaan dan Kepariwisataan kabupaten Sinjai, Kamis (17/7). Dalam sambutannya pada acara pembukaan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan yang digelar oleh Radio Suara Bersatu ini merupakan kegiatan yang positif untuk mempertebal nilai imtaq anak-anak kita, selaku generasi penerus sehingga tidak mudah goyah oleh pengaruh negatif perkembangan teknologi di era globalisasi yang semakin canggih ini.Karena perkembangan teknologi harus dibarengi dengan pembekalan iman dan taqwa. Masih dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh Radio Suara Bersatu, tentunya dapat menjadi era dimana syiar Islam di kabupaten Sinjai ini akan semakin berkembang semakin banyak lahir Da’i muda yang mampu menjadi pemberi semangat bagi generasi muda lainnya di masa yang akan datang, sehingga apa yang menjadi salah satu program Panca Abdi pemerintah Sinjai, yakni pembangunan bidang agama, dapat berjalan dengan maksimal. Pemilihan Da’i Pelajar Tahun 2014 ini diikuti sejumlah pelajar di Kabupaten Sinjai.

KABUPATEN SINJAI TAMPILKAN PRODUK UNGGULAN DALAM SIDE 2014

 Gubernur provinsi Sulawesi Selatan, DR.H.Syahrul Yasin Limpo,SH,M.Si,MH membuka secara resmi Pameran Pembangunan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang bertajuk Sulsel Incorporated and Development EXPO – SIDE 2014, di Celebes Convention Centre, Makassar, Kamis malam (21/8). Kabupaten Sinjai turut berpartisipasi dalam pameran yang berlangsung selama empat hari dari tanggal 21 sampai dengan 24 Agustus 2014.Wakil Bupati Sinjai, H.Andi Fajar Yanwar, SE usai menghadiri pembukaan pameran kemudian menyambut sejumlah pengunjung yang berkunjung di stand Sinjai.Diantaranya, Gubernur SulSel bersama ketua tim penggerak PKK provinsi, Kapolda Sulsel, Ketua DPRD Sulsel, Sekretaris Provinsi Sulsel, Wakil Walikota Makassar, serta sejumlah pejabat dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan maupun dari kalangan pelajar dan masyarakat luas. Sejumlah SKPD terkait seperti Badan Perencanaan,Penelitian, dan Pengembangan Daerah-BAPPEDA ,Dinas Perindustrian dan Perdagangan-DIPERINDAG, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral-ESDM, Dinas Koperasi dan UKM, Badan Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal, Dinas Perkebunan dan Kehutanan, Dinas Pertanian dan TPH, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Komunikasi,Informatika,Kebudayaan dan Kepariwisataan, dan Bagian Humas dan Protokol Setdakab Sinjai nampak menampilkan berbagai informasi, data maupun produk unggulan daerah kabupaten Sinjai. Beberapa yang ditampilkan diantaranya, Kopi Borong, Minas, Kunyit Bubuk, Abon Ikan Tuna, Beras Merah, Bakso Ikan, berbagai jenis Ikan Kering, minuman olahan dari Markisa, buah manggis, berbagai jenis kerupuk, serta berbagai jenis kerajinan dari kayu biung, seperti bossara, asbak, tempat tissu, tempat pulpen, piring.Beberapa pengunjung membeli sebagai oleh-oleh.Bahkan tidak sedikit pengunjung harus kecewa karena tidak kebagian minas yang menarik banyak peminat. Kepala BAPPEDA provinsi Sulsel selaku ketua panitia, Drs.H.Yaksan Hamza,MS dalam laporannya menyampaikan bahwa pameran yang digelar dalam rangka HUT RI ke 69 tahun ini merupakan yang kelima kalinya di gelar di CCC.”Pameran ini bertujuan sebagai ajang sosialisasi dan penyebaran informasi tentang kinerja pembangunan yang dicapai dan sebagai perencanaan agar masyarakat dapat mengetahui, menilai dan meningkatkan partisipasi agar dapat berpartisipasi dalam mendorong pembangunan”, ungkapnya.

SIDE 2014 ini diikuti oleh SKPD provinsi sebanyak 39 peserta, SKPD tamu dari BPMP propinsi DKI Jakarta, kabupaten/kota di Sulsel sebanyak 17 peserta, instansi vertikal 25 peserta, dua peserta dari Perguruan Tinggi, serta Asosiasi UKM,Travel,Media,foto exhibition sebanyak 13 peserta. Sementara itu Gubernur Sulsel dalam sambutannya pada acara pembukaan mengajak kepada seluruh komponen agar menjadikan Sulsel sebagai pilar pembangunan nasional yang dapat memberikan kontribusi khususnya dalam bidang pangan. “Pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat yang menunjukkan bekerjanya sektor riil daerah, di atas rata-rata nasional yang 5,25 persen diharapkan dapat menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan di Sulsel.Saat ini, tidak ada daerah lagi di Sulsel yang pertumbuhannya di bawah 5,25 persen atau di bawah pertumbuhan ekonomi nasional”. Gubernur juga menyampaikan bahwa Indeks Pembangunan Nasional yang digunakan oleh World Bank menempatkan margin pendapatan petani di Sulsel tertinggi secara nasional.Selain bidang ekonomi, Ia berharap pertumbuhan dan hasil maksimal dapat diraih pula di bidang Kesehatan dan Pendidikan. “Kami berharap Sulsel dapat menjadi simpul-simpul network nasional”,ungkapnya.Ia optimis dengan dukungan kabupaten/kota di Sulsel hal tersebut dapat dicapai, pelayanan barang dan jasa terpenuhi.Apalagi saat ini, Sulsel telah mulai membangun sarana perkeretaapian di Sulsel.

 

 

 

 

 

Print

Kegiatan 2014 Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

Pameran dalam rangka hari Susu Nasional (HSN) ke 4 di anjungan Pantai Losari yg berlangsung tgl 31 /5 - 1/6 2014. Ikut pada pameran tersebut yaitu Direktorat Jenderal Peternakan dan Keswan, BBV maros, Balai Pembibitan Sapi Perah Batu Raden, DPKH Prop SulSel, DPKH Prop. SumSel , DPKH Kab. Sinjai, Dinas Peternakan Kab. Enrekang, Disnak Kab. Bantaeng dan para industri pengolahan susu seperti Anlene, SGM dll.

 

Print

Kegiatan 2014 Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

ASISTEN II SETDAKAB SINJAI MEMBUKA SOSIALISASI PENGUATAN SISTEM PERENCANAAN DALAM RANGKA PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN HEWAN

Rabu, 29 Januari 2014 Asisten Administrasi Perekonomian Pembangunan Setdakab Sinjai, dr.Hj.Nikmat B.Situru, M.Ap membuka secara resmi sosialisasi Penguatan Sistem Perencanaan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan hewan, di Gedung Wisma Hawai, Selasa (28/1).  Sosialisasi ini digelar terkait dengan kerjasama Pemerintah kabupaten Sinjai dalam hal ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sinjai dengan pemerintah Australia melalui program AIP-EID. Representative AIP-EID Prgram Bapak Goeff Chubb ketika memberikan sambutan dalam bahasa Indonesia mengatakan bantuan yang diberikan sebesar A$22 juta selama tahun 2012-2014.

Tahun ini merupakan tahun keempat program dan terakhir namun diharapkan program ini dapat terus berlanjut tanpa adanya biaya tambahan.Ia sangat bangga karena Pemkab Sinjai mengapresiasi kegiatan ini. Ia menambahkan bahwa program ini bertujuan untuk memberikan kontribusi untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.Program ini menjadikan kabupaten Sinjai dan Barru sebagai daerah percontohan di Sulawesi Selatan.Dalam program ini beberapa kegiatan yang akan dilakukan diantaranya surveylan penyakit hewan, pengawasan dan pemberantasan, vaksinasi, investigasi penyakit dan pemeriksaan hewan sebelum dipindahkan. Sementara itu, dr.Hj.Nikmat B.Situru ketika membacakan sambutan Bupati Sinjai menyampaikan bahwa sesuai Visi Pemerintah Daerah kabupaten Sinjai 2014-2018 yaitu Sinjai Bersatu, Sejahtera, Unggul, dalam kualitas hidup serta terdepan dalam pelayanan publik.Di bidang peternakan, Pemda fokus kepada upaya pengembangan ternak lokal dengan memanfaatkan teknologi modern yang lebih maju. Untuk mendapatkan hasil produksi peternakan yang maksimal perlu diperhatikan masalah kesehatan hewan, sehingga menjadi prioritas, maka dengan itu mekanisme dalam perencanaan dan penganggaran harus memadukan antara kebijakan dari atas dan aspirasi yang berkembang dari bawah.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan kabupaten Sinjai, Irwan Suaib,S.STP,M.Si menjelaskan bahwa di kabupaten Sinjai, kecamatan Sinjai Timur dan Sinjai Selatan merupakan kecamatan percontohan karena kecamatan tersebut memiliki populasi ternak yang cukup banyak dibandingkan kecamatan lain di kabupaten Sinjai. Di setiap desa dari kedua kecamatan tersebut nantinya akan dibentuk PELSA – Pelapor Desa, yang bertugas untuk melaporkan setiap kejadian melalui sms terkait hewan ternak di desa masing-masing.Informasi yang disampaikan melalui sms terintegrasi dengan propinsi dan pusat, sehingga pemerintah pusat dapat langsung mengetahui pelaporan terkait hewan ternak di daerah.


 

Print

Diskominfobudpar - Kegiatan Pameran Dinas Komunikasi Informatika Kebudayaan dan Kepariwisataan

Written by Yanti Arief on . Posted in Dinas

  • Dokumentasi Kegiatan PameranPembangunan Sulawesi Selatan Tahun 2013 yang berlansung selama 5 (lima) hari di CCC Makassar tanggal 4 s/d 8 September 2013

Gambar 1.

Gambar 2.

Gambar 3.

Gambar 4.

Gambar 5.

  • Dokumentasi kegiatan Kemilau Sulawesi 2013 yang berlangsung dari tanggal 26 s/d 29 September 2013 di Manado Sulawesi Utara. Pada event tersebut Kab. Sinjai mengikuti beberapa kegiatan diantaranya Pameran Potensi Pariwisata, Lomba Lagu Daerah, Persembahan Tarian khas daerah, dan Ajang Pemilihan Putra/Putri Kemiliau Pariwisata 2013.

Gambar 1.

Gambar 2.

Gambar 3.

Gambar 4.

Gambar 5.

Gambar 6.

 

 

 

Planet Sinjai