13 Ribu Rumah Tangga Miskin di Sinjai Penuhi Syarat Penerima Bansos

13 Ribu Rumah Tangga Miskin di Sinjai Penuhi Syarat Penerima Bansos

Tahun 2019 Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial kembali akan menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Adapun sasaran penerima bansos itu terdiri atas 26 jenis penyandang masalah sosial di indonesia.

Kepala Dinas Sosial Sinjai DR.H. Mukhlis Isma saat ditemui baru-baru ini mengatakan bahwa sasaran penerima bansos ini penduduk yang memiliki tingkat kemiskinan dibawah 40 persen dari penduduk Indonesia.

Khusus di Kabupaten Sinjai ada sekitar 13 ribu Rumah sasaran (RTS) tangga yang masuk dalam kriteria penerima bansos berdasarkan pemutakhiran basis data terpadu.

Dari 26 jenis penyandang masalah sosial yang berhak menerima bansos, ada sekitar belasan jenis bansos yang akan disalurkan untuk masyarakat miskin Sinjai seperti bantuan pangan non tunai, program keluarga harapan, renovasi rumah tidak layak huni (RTLH), bantuan kelompok usaha bersama (Kube), bantuan untuk penyandang disabilitas dan berbagai program lainnya.

Mukhlis mencontohkan, untuk program Bantuan PKH ada sekitar 8 ribu sasaran rumah tangga di Sinjai yang akan mendapatkan bantuan ini sesuai dengan kriteria dan syarat penerima yang telah ditentukan, demikian halnya dengan bansos lain yang juga masing-masing memiliki syarat penerima bantuan.

Meski tidak menjelaskan secara rinci jumlah dana bansos yang dikucurkan untuk Kabupaten Sinjai, namun ia memastikan jumlahnya jauh meningkat dibanding tahun sebelumnya sehingga dalam penetapan penerima bantuan hingga penyalurannya nanti pemerintah pusat melalui Kemensos akan melibatkan kepolisian untuk mengawal bantuan ini agar tepat sasaran.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita pekan lalu yang disaksikan melalui video Conference.

“Semoga masyarakat penerima bantuan nantinya benar-benar memanfaatkan bantuan tersebut untuk hal yang bermanfaat misalnya, meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarganya, ” tandasnya. (AaN)

About Aan