Jumat, 28 Juli 2017
56 Unit Rumah Khusus Nelayan Siap Huni

56 Unit Rumah Khusus Nelayan Siap Huni

Bantuan Pemerintah pusat kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui program rumah khusus nelayan yang dilaksanakan di Desa Pasimarannu Kecamatan Sinjai Timur telah rampung.

Rumah yang dibangun sebanyak 56 unit itu telah siap untuk dihuni masyarakat melalui anggaran APBN tahun 2016 dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Sinjai, Ir.H. Harsid Yarham mengatakan, bantuan rumah layak bagi nelayan ini merupakan program pemerintah pusat Kementrian PUPR, melalui Dirjen Perumahan Khusus Kementerian Perumahan.

“Tujuan dari dibangunnya perumahan untuk pemenuhan perumahan para nelayan. Karena selama ini sebagaian masyarakat nelayan itu belum miliki rumah yang layak,” jelasnya.

Dijelaskan, calon penerima yang berhak mendapat bantuan rumah ini telah melalui tahap verifikasi yang cukup ketat sebelumnya, yakni nelayan yang memiliki alat tangkap, memiliki kartu nelayan dan berpenghasilan rendah.

“Jadi saat ini sudah ada 32 penerima yang sudah diverifikasi dan siap untuk diserahkan, sementara sisanya masih dalam tahap verifikasi yang dilakukan oleh pemerintah kecamatan setempat,” jelasnya.

Lanjutnya, program perumahan nelayan ini merupakan contoh rumah layak huni bahkan diyakini dapat mengurangi pemukiman kumuh. (AaN/YM)

Komentar Facebook

About Aan