Senin, 17 Juni 2019
97,83 Persen Warga Sinjai Sudah Miliki KTP

97,83 Persen Warga Sinjai Sudah Miliki KTP

Sampai Bulan Desember 2017 ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai mencatat sudah 167.722 warga Kabupaten Sinjai yang memiliki KTP elektronik. Seperti diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sinjai Drs. Akmal dalam rapat Koordinasi Bidang Kesra di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Pekan lalu.

Dikatakan Akmal dari data Disdukcapil, total jumlah penduduk Kabupaten Sinjai saat ini 252.194 jiwa sedangkan yang wajib memiliki KTP sebanyak 171.441 jiwa.

“Kalau dilihat dari jumlahnya masih ada yang belum memiliki KTP sekitar 3.719 jiwa atau tingkat kesadaran masyarakat untuk mengurus KTP terbilang tinggi atau mencapai 97,83 %,” katanya.

Warga yang belum memiliki KTP in kata Akmal mayoritas adalah usia anak sekolah atau pemilih pemula, untuk itu pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak sekolah untuk dilakukan perekaman. “Kami sudah lakukan koordinasi dengan sekolah dan Insya Allah bulan Januari mendatang kita akan lakukan perekaman di sekolah,”jelasnya.

Akmal menambahkan bahwa data yang dimiliki oleh Disdukcapil terkait warga yang sudah memiliki KTP tidak mutlak bersih karena dimungkinkan sudah ada warga yang meninggal dunia tetapi masih terdaftar di Disdukcapil.

Untuk itu ia meminta kepada warga Sinjai yang memiliki keluarga yang sudah meninggal dunia agar melaporkan ke Kantor Disdukcapil Sinjai. ” Kami minta warga untuk segera melapor agar kami bisa buatkan Kartu Keluarga Baru,” kata Akmal. (AaN)

About Aan