Sabtu, 17 November 2018
Balitbangda Sinjai Paparkan Hasil Kajian Potensi Rawan Bencana dan Komoditi Unggulan

Balitbangda Sinjai Paparkan Hasil Kajian Potensi Rawan Bencana dan Komoditi Unggulan

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Sinjai menggelar ekspose akhir pengkajian kegiatan potensi kerawanan bencana dan pengkajian komoditi potensi unggulan yang berpotensi dikembangkan, bertempat di Aula Gesung B Kantor Bupati Sinjai, Kamis (8/11/18).

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama Pemerintah Daerah Sinjai dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Sumber Daya Alam (SDA) Universitas Hasanuddin Makassar.

Kepala Balitbangda Sinjai Asdar Amal Darmawan mengatakan bahwa berdasarkan paparan akhir hasil kajian potensi kerawanan bencana di Kabupaten Sinjai telah dilakukan pemetaan wilayah terhadap daerah yang rawan bencana seperti angin kencang, banjir, tanah longsor dan kerawanan tektonik (gempa bumi dan tsunami).

“Potensi kerawanan bencana ini sudah dipetakan berdasarkan desa pada masing-masing kecamatan dan sudah dipaparkan oleh tim ahli dari Unhas Makassar, ” katanya.

Demikian halnya kajian potensi komoditi unggulan, berdasarkan metode skoring yang digunakan, direkomendasikan beberapa komoditi unggulan berdasarkan wilayah masing-masing.

“Dari hasil kajian, potensi unggulan untuk semua wilayah adalah beras, jagung, sapi, rumput laut, perikanan tangkap dan kakao. Sedangkan komoditi yang memiliki prospek untuk dikembangkan seperti tanaman rempah, ubi lokal dan tire,” jelasnya.

Setelah paparan akhir ini akan dijadikan bahan rekomendasi kepada Pemkab Sinjai untuk ditindaklajuti oleh instansi terkait.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh beberapa Kepala atau perwakilan Perangkat daerah terkait. (AaN)

Komentar Facebook

About Aan