Senin, 18 Desember 2017
BPBD Sinjai Simulasi Bencana di Desa Bongki Lengkese

BPBD Sinjai Simulasi Bencana di Desa Bongki Lengkese

Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar simulasi bencana banjir bandang, Rabu (26/05) yang berlokasi di Dusun Bongki, Desa Bongki Lengkese, Kecamatan Sinjai Timur.

Simulasi bencana yang menerjunkan sebanyak 150 personil turut dihadiri Kepala BPBD Sinjai, Drs. A. Junaedi Mustafa, Kepala Desa Bongki Lengkese, A. Muh. Jamil dan Kapolsek Sinjai Timur.

Dari pantauan di lokasi tampak puluhan warga dievakuasi ditempat yang lebih aman dari bahaya bencana tersebut.

Bahkan saat proses evakuasi berlangsung dimana Tim Reaksi Cepat (TRC) dari BPBD Sinjai juga bekerja keras karena harus menyebrang sungai sepanjang kurang lebih 50 meter.

Belum lagi warga yang terluka dan yang meninggal dunia, selain mengunakan tandu dan tali luncuran untuk mengevakuasi mereka, juga mengunakan perahu karet.

Kades Bongki Lengkese, Muh. Jamil yang dimintai keterangan sangat mendukung simulasi bencana yang diadakan diwilayahnya, sebab dengan hal ini dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang bagaimana cara mengevakuasi korban jika terjadi bencana.

Sementara itu Kepala BPBD Sinjai, A. Junaedi Mustafa mengatakan simulasi ini penting dan harus dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas personil dalam menghadapi bencana.

“Jadi disini kita akan melihat atau mengecek sejauh mana kesiapan personil saat terjadi bencana termasuk peralatan yang akan digunakan”, jelasnya.

Dikatakan bahwa segaja memilih desa bongki lengkese karena lokasinya yang sangat mendukung apalagi desa ini juga pernah terjadi bencana banjir bandang pada tahun 2006 lalu.

“Semua personil kita turunkan termasuk peralatan kebencanaan. Disini kita memperagakan cara evakuasi lewat sungai dan darat”, imbuhnya.

Kegiatan ini juga dalam rangka memeriahkan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional. Selain warga setempat, simulasi ini juga melibatkan Tim Kesehatan dari RSUD Sinjai, Dinas Kominfo melalui mobil pengeras suara.(clk)

Komentar Facebook

About iswan