BPS Sinjai Akan Gelar Sakernas Agustus Mendatang

BPS Sinjai Akan Gelar Sakernas Agustus Mendatang

Sinjai, Badan Pusat Statistik (BPS) Sinjai pada bulan Agustus me datang akan melaksanakan Survey Angkatan Kerja Nasional (Sakernas). Kegiatan tersebut dilakukan dalam upaya mengumpulkan informasi – informasi tentang ketenaga kerjaan baik dari partisipasi angkatan kerja serta angka pengangguran.

Kepala Seksi Statistik Sosial BPS Sinjai selaku Penanggung Jawab Kegiatan, Hamka Makmur saat ditemui, Jumat (12/7/19) mengatakan bahwa kegiatan Sakernas ini dibagi dalam dua tahap yaitu tahap listing (updating) pada tangggal 25 Juli hingga 7 Agustus 2019 dan pencacahan sampel pada tangga 8 hingga 31 Aguatus 2019.

“Nantinya pencacah melakukan pengambilan informasi dengan sampel, tidak semua rumah tangga yang ada di Sinjai ini di cacah. Dengan menggunakan blok sensus terdiri sebanyak 52 blok dimana satu blok sensus nantinya diambil 10 sampel, artinya ada 520 Rumah tangga jadi sasaran dan ini yang menggambarkan angka ketenagakerjaan,” katanya saat djtemui di sela-sela pelatihan petugas Sakernas di Wisma Sanjaya Sinjai.

Lebih lanjut Ia mengatakan, ada 29 pencacah dan 14 pengawa yang melakukan survey angkatan kerja nasional. Dimana survey tersebut dilakukan dengan cara menyebar di seluruh kecamatan yang ada di Sinjai.

“Nah, dengan data ini nantinya, kita akan mengetahui jumlah angkatan kerja serta pengangguran yang ada di Sinjai serta mengetahui tingkat kesejateraan masyarakat,” imbuhnya.

Hamka beeharap kepada masyarakat untuk mendukung kegiatan survey angkatan kerja nasional dengan dapat menerima petugas-petugas BPS yang ditunjuk sebagai pencacah di lapangan. (AaN)

About Aan