Jumat, 22 Februari 2019
Dekranasda Sinjai Tonjolkan Kerajinan Olahan Kayu Pakis dan Kulit Kerang

Dekranasda Sinjai Tonjolkan Kerajinan Olahan Kayu Pakis dan Kulit Kerang

Kabupaten Sinjai terkenal sebagai salah satu daerah di Sulawesi Selatan dengan beragam potensi alam dan kerajinan tangan.

Potensi itu dimanfaatkan pada pameran Gelar Kerajinan Nasional Daerah & Produk  Ekonomi Kreatif Nusantara 2018 di Sandeq Grand Claro Hotel, Makassar, (5/9/18).

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sinjai menampilkan berbagai produk hasil kerajinan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mulai dari produk rumah tangga, makanan, hingga minuman.

Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Sinjai yang juga Ketua Dekranasda Melani Jufri Rahman merasa kagum dengan berbagai produk yang dihasilkan oleh para pengrajin Sinjai.

“Hasil karya orang-orang Sinjai sangat bagus seperti lampu hias dari kulit kerang dan produk rumah tangga yang terbuat dari kayu pakis,  jika bisa lebih maksimal lagi maka produk ini berpotensi diekspor,” ungkapnya.

Ia berharap agar setiap ada event yang memarkan berbagai produk lokal, Kabupaten Sinjai dapat turut serta berpartisipasi.

Sekda Sinjai Drs. Akbar yang hadir dalam pameran ini menyampaikan bahwa para pelaku UKM di Sinjai selalu memunculkan berbagai produk-produk baru yang belum terdapat di daerah lain, sehingga dengan adanya pameran ini menjadi sarana promosi bagi produk pelaku usaha dan industri.

Hal ini dibuktikan saat Ketua Dekranasda Kabupaten Gowa Priska Paramita Adnan yang terkesima melihat produk-produk yang dipamerkan di stand Dekranasda Sinjai.

“Hasil kerajinan orang Sinjai sangat indah dan beberapa kemasan produk cukup kekinian seperti lampu hias sengan aneka bentuk dari kulit kerang,” ucapnya. (AaN)

Komentar Facebook

About Haryanti Arief