Selasa, 26 Maret 2019
Disdukcapil Sinjai Musnahkan Ribuan KTP Lama

Disdukcapil Sinjai Musnahkan Ribuan KTP Lama

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai, memusnahkan sedikitnya tujuh ribuan berkas kependudukan lama yang tidak terpakai lagi dengan cara membakar, di Halaman kantor Disdukcapil Sinjai, Rabu (8/3).

Pemusnahan ini dilakukan langsung oleh Kepala Disdukcapil Sinjai, Akmal, dan disaksikan oleh Komisioner KPUD Sinjai, Muh. Kasim dan Nurhikmah.

Kepala Disdukcapil Sinjai, Akmal mengatakan bahwa berkas kependudukan yang dimusnahkan ini adalah merupakan KTP yang tidak dipakai lagi oleh pemiliknya, baik itu KTP yang tidak berlaku lagi seperti KTP SIAK maupun KTP yang sudah diganti oleh pemiliknya karena adanya perubahan data didalamnya.

“Berkas kependudukan yang dimusnahkan itu merupakan berkas lama yang tidak digunakan lagi,” katanya.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi keberadaan arsip juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Komisioner KPUD Sinjai, Nurhikmah saat dimintai tanggapannya memberi apresiasi terhadap langkah yang dilakukan oleh Disdukcapil Sinjai. Menurutnya ini penting untuk menghindari pemanfaatan KTP lama dengan cara yang ilegal.

“Tahun depan kita akan Pilkada, nah tentu ini salah satu cara untuk menghindari adanya kecurangan dalam pilkada nanti, sebab yang namanya dokumen kependudukan sangat erat kaitannya dalam penentuan daftar pemilih,” ungkapnya. (AaN)

Komentar Facebook

About Aan