Kamis, 18 Oktober 2018
Kemendikbud Tunjuk Dua Sekolah Rujukan di Kabupaten Sinjai

Kemendikbud Tunjuk Dua Sekolah Rujukan di Kabupaten Sinjai

Dua sekolah di Kabupaten Sinjai ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Sekolah Rujukan. Kedua sekolah tersebut adalah SDN 41 Sinjai Selatan dan SMPN 2 Sinjai Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai Drs. H. Syamsuddin Umar saat ditemui, Selasa (9/10/18) mengatakan, Sekolah Rujukan adalah sekolah bermodel lembaga pendidikan yang unggul dalam prestasi akademik dan berkarakter kuat, dengan kata lain menjadi percontohan bagi sekolah-sekolah lain yang ingin maju seperti sekolah rujukan.

“Banyak sekolah-sekolah yang ingin menjadi sebagai sekolah unggulan, tapi tidak disertai dengan sarana prasarana dan SDM yang mumpuni. Maka dari itu, pemerintah pusat membentuk sekolah-sekolah rujukan yang semuanya adalah sekolah unggulan,” katanya.

Sebelum ditetapkan menjadi sekolah rujukan, Kemendikbud telah melakukan survey dan verifikasi terhadap sekolah-sekolah yang telah memenuhi persyaratan.

“Kami sebelumnya mengusulkan tiga SD yakni SDN 3 Sinjai Utara, SDN 103 Sinjai Utara dan SDN 41 Sinjai Selatan, untuk tingkat SMP kami usulkan SMP 1 Sinjai, SMP 2 Sinjai dan SMP 2Sinjai Tengah, ” jelasnya.

Adapun dipilihnya SDN 41 Sinjai Selatan dan SMP 2 Sinjai Tengah karena telah memenuhi persyaratan seperti telah melaksanakan K13, Berakreditasi A, sarana prasarana sekolah yang memadai, prestasi peserta didik di bidang akademik maupun non akademik, hingga 8 standar nasional pendidikan yang harus dimiliki oleh sekolah.

Sekolah rujukan ini sejak tahun ajaran 2018/209 juga telah menerapkan sistem pembelajaran full day school atau lima hari sekolah. (AaN)

Komentar Facebook

About Aan