Minggu, 19 November 2017
Kesbangpol Sinjai, Imbau Ormas dan LSM Wajib Melapor Kembali

Kesbangpol Sinjai, Imbau Ormas dan LSM Wajib Melapor Kembali

Sejumlah Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Sinjai tidak diketahui keberadaan pengurus maupun sekretariatnya.

Hal tersebut sesuai dengan hasil pantauan dan verifikasi faktual terhadap Ormas dan LSM di Kabupaten Sinjai tahun 2017, ditemukan ormas dan LSM   tidak diketahui keberadaan pengurus maupun sekretariatnya yang sesuai dengan Surat Keterangan Terdaftar (SKT)  yang terdaftar pada kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sinjai.

Berdasarkan surat nomor 900/41/40/KSBP pertanggal 14 Juli 2017,  diimbau kepada ormas dan LSM untuk menyampaikan kepengurusan organisasinya pada kantor Kesbangpol, paling lambat 7 hari kerja setelah dikeluarkannya informasi tersebut.

Adapun ormas dan LSM yang tidak melaporkan kepengurusannya sampai batas waktu yang telah ditentukan,  maka dianggap organisasi tersebut tidak aktif lagi dan surat keterangan terdaftarnya dicabut.

Dalam Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan, dijelaskan bahwa ormas dan LSM di tingkat kabupaten/kota harus mendaftar pada Badan Kesbangpol kabupaten/kota setempat. (lail)

 

 

Komentar Facebook

About lela