Jumat, 22 Februari 2019
KIM Diharap Jadi Jembatan Informasi

KIM Diharap Jadi Jembatan Informasi

Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai jembatan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat yang lebih luas dalam memberi informasi pembangunan.

“KIM merupakan konsep alternatif dalam mengatasi hambatan informasi di lingkungan masyarakat terutama masyarakat pedesaan. KIM juga secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya,” kata Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Kartini Ottong usai membuka Workshop peningkatan SDM KIM Desa/Kelurahan di Aula Kantor Camat Sinjai Barat, Rabu (21/11/18).

Lebih lanjut dikatakan, KIM memiliki peran penting dalam mengelola informasi mulai dari menyerap, mengumpulkan, mengolah, menyimpan informasi kepada pihak yang berkompeten.

Ia menambahkan, KIM berperan untuk memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat. Selain itu, KIM juga dibentuk untuk menyampaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat agar segera bisa disampaikan kepada pemerintah.

“Hadirnya KIM, warga di desa bisa mengetahui program dan visi misi pemerintah serta dapat menjadi jembatan bagi warga yang memiliki masalah/kendala. Olehnya itu perlu dibentuk grup media sosial seperti WA untuk memperlancar komunikasi, ” tandasnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Sinjai H. Firdaus menerangkan bahwa pentingnya peran kelompok informasi masyarakat, terutama dalam perannya sebagai penyambung lidah dan penerus informasi bagi masyarakat di tingkat desa dan kelurahan.

Firdaus tak lupa mengingatkan kepada anggota KIM di tiap desa/kelurahan untuk senantiasa berperan memberikan informasi yang simultan dan terus menerus kepada masyarakat. (AaN)

Komentar Facebook

About Aan