Senin, 20 Mei 2019
KPU Sinjai Jamin Penyelenggara Pemilu Netral

KPU Sinjai Jamin Penyelenggara Pemilu Netral

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai memberi jaminan kepada publik akan independensi penyelenggara Pemilu. Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Sinjai, Muh. Arsal Arifin saat menghadiri Rapat Koordinasi bersama stakeholder terkait pengamanan pilkada serentak yang bertempat di Aula Mapolres Sinjai, Jumat (5/1/18).

Arsal mengatakan, netralitas dan independensi penyelenggara Pemilu merupakan sesuatu yang wajib terpenuhi bagi siapapun yang terlibat didalamnya. Untuk itu, ia berkomitmen untuk tetap menjaga independensi tersebut.

Bukan hanya di tingkat kabupaten, penyelenggara di tingkat kecamatan maupun desa dalam hal ini Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) menjamin akan menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai penyelenggara pemilu, sesuai aturan yang berlaku.

“Jika terbukti mereka tidak netral maka akan ada aturan atau sanksi yang akan diterima baik secara administratif maupun pidana,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Panwaslu Sinjai A. Rusmin Kayyung mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pengawasan kepada penyelenggara pemilu serta ASN yang tidak netral. (AaN)

About Aan