Minggu, 20 Agustus 2017
Nikmatnya Kuliner di Lappa

Nikmatnya Kuliner di Lappa

Sinjai terkenal sebagai daerah penghasil ikan laut terbesar di Sulawesi Selatan.  Trade mark ini tak disia-siakan masyarakat pesisir, khususnya di area Pusat Pendaratan Ikan (PPI) dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lappa.  Warga di sekitar  PPI/TPI menyiapkan Warung Makan, dengan menu khas ikan bakar. Puluhan Warung Makan Ikan Bakar Segar ini berjejer dan mengundang selera makan.

Yang menarik, Warung Makan ini hanya menyiapkan nasi kuning atau nasi putih dan sambalnya. Ikan dibeli sendiri oleh pengunjung, dari  pedagang ikan atau nelayan yang baru saja berlabuh di pelataran TPI, berukuran sekira  350 kali 100 meter persegi itu.  Pasti saja ikan yang dijejer rapi di pelataran ini adalah ikan segar, dengan aneka pilihan.

Ikan Bakar

Setelah memilih jenis ikan yang disenangi dengan harga yang terbilang murah, pengunjung tinggal memilih warung makan yang disukainya. Pemilik Warung makan langsung menyambut dan membakarkan ikannya. Biasanya, pengunjung memilih warung makan berdasarkan kekhasan sambal, sebab masing-masing warung makan menyiapkan sambel dengan cita rasa berbeda satu dengan lainnya. Untuk bakar ikan ini, pemilik warung makan tak membebani biaya kepada pengunjung.

Sambil menanti ikan segar dibakar,  pengunjung dapat memesan aneka minuman khas Sinjai. Salah satu yang amat pas dengan ikan bakar dan nasi kuning adalah Minas (Minuman Asli Sinjai). Minas terbuat dari tape singkong, telor bebek, madu, buah-buahan dan berbagai campuran bahan lainnya.  Masyarakat setempat sering menyebut minuman ini dengan irex.

Ikan bakar  , nasi kuning, ireks pun menyatu menemani malam di TPI Lappa. Hmmm, mak nyuussss…..

Komentar Facebook

About admin