Kamis, 29 Juni 2017
Pemkab Sinjai Bersama Kades Rapat Evaluasi Perdes

Pemkab Sinjai Bersama Kades Rapat Evaluasi Perdes

Pemerintah Daerah melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sinjai, Senin (20/03) mengdakan Rapat Evaluasi Peraturan Desa (Perdes) di Gedung B Kantor Bupati Sinjai.

Rapat yang diikuti para Kepala Desa (Kades) Sekertaris Desa dan Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) tersebut dipimpin Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Drs.  Budiaman.

Hadir pula Kasubag Perundang-Undangan Setdakab Sinjai, Ruslan Dahlan. SH dan juga dari Dinas Permberdayaan Masyarakat dan Desa.

Dihadapan para kepala desa, Drs. Budiaman mengatakan setelah rancangan Perdes tentang Struktur Organisasi Tata Kerja (STOK) ditetapkan maka pemerintah desa harus menyusun perdes tentang tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa.

Menurut Budiman, dalam hal penetapan perangkat desa, kepala desa harus membuat surat keputusan kepala desa tentang penetapan dengan mengacu pada Permendagri Nomor 83 Tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian kepala desa dan Permendagri Nomor 84 Tahun 2015 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa.

Sedangkan Kasubag Perundang-Undangan Setdakab Sinjai, Ruslan Dahlan menyampaikan agar dalam membuat regulasi atau perdes harus sesui dengan ketentuan perundang-undangan yang lebih tinggi dan tidak bertentangan dengan undang-undang termasuk kepentingan umum dalam membuat perdes.

Rapat evaluasi soal perdes tersebut hanya berlangsung sehari. (Baloe/clk)

Komentar Facebook

About iswan