Selasa, 23 April 2019
Sinjai Punya Potensi Sebagai Daerah Industri Gula Aren

Sinjai Punya Potensi Sebagai Daerah Industri Gula Aren

Guna memaksimalkan potensi alam yang ada, pemerintah Kabupaten Sinjai bakal memanfaatkan gula aren untuk dijadikan produk unggulan dalam mendongkrak ekonomi masyarakat .

“Rencana kita akan kembangkan inovasi produk unggulan gula aren. Karena kita melihat, prospek produk ini sangat baik, apalagi pohon aren yang ada di Sinjai cukup banyak dan dapat menghasilkan produksi 15 ton/hari,” ungkap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Sinjai, A. Asdar Amal Darmawan di sela-sela FGD pengembangan klaster inovasi Gula Aren di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Rabu (4/10).

Tenaga Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Ir. Djoko Widardjo yang juga selaku Ketua Asosiasi Aren Indonesia yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa aren memiliki potensi nasional sebab hampir setiap daerah punya tanaman aren dalam jumlah besar namun belum banyak daerah yang dapat memanfaatkan secara baik.

“Sebenarnya tidak sulit untuk mengembangkan aren hanya dibutuhkan keseriusan oleh pemerintah serta instansi terkait untuk mengembangkan secara komprensif, dan saya kira Pemda Sinjai serius untuk itu,” jelasnya.

Sementara itu Direktur Inovasi Riset dan Pengembangan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Prof.DR. Ir. Sudirman, menuturkan bahwa kabupaten Sinjai layak untuk menjadi daerah penghasil aren di Sulsel sehingga dibutuhkan inovasi untuk mengembangkan produk gula aren agar dapat memenuhi pangsa pasar dan meningkatkan pendapatan petani aren.

Menurutnya dengan kerjsama tiga komponen yakni Kemenristekdikti sebagai penentu kebijakan dan pemberi bantuan, Unhas Makassar sebagai tim ahli serta Pemerintah setempat selaku fasilitator maka akan memberi nilai tambah dari produksi gula aren yang dihasilkan.

“Ini baru langkah awal, jika ini terus dilakukan secara berkesinambungan, maka 2-3 tahun kedepan, Sinjai akan menjadi pusat industri gula aren dan meningkatkan taraf hidup masyarakat,” tuturnya. (AaN)

Komentar Facebook

About Aan