Minggu, 19 November 2017

Surat Edaran Bupati Sinjai Nomor : 700/41.1018/SET Tentang Pengawasan Mobilitas Para Imigran Ilegal Keluar Maupun Memasuki Wilayah Kabupaten Sinjai

Menyikapi perkembangan situasi saat ini terkait keberadaan orang asing dan imigran illegal khususnya di wilayah Kabupaten Sinjai dan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 125 tahun 2016 Tentang Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri, Peraturan Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-0352.GR.02.07 tahun 2017 tentang Penanganan Imigran Illegal yang meyatakan diri Sebagai Pencari Suaka atau Pengungsi serta dalam rangka antisipasi mobilitas para Imigran Illegal di Kabupaten Sinjai, maka diminta kepada para Kepala SKPD, Para Camat, Para Lurah dan Para Kepala Desa agar melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Menolak kedatangan dan keberangkatan Imigran Illegal ke dan dari Kabupaten Sinjai yang hanya menunjukkan Kartu Identitas Imigran Ilegal dari Kantor Imigrasi dan United Nations HighCommissioner For Refugees (UNHCR) tanpa adanya pengawal resmi dari petugas Imigrasi.
  2. Jika terjadi upaya Imigran Ilegal memasuki wilayah Kabupaten Sinjai secara mandiri tanpa adanya pengawalan resmi petugas Imigran maka pihak penanggungjawab alat angkut baik laut maupun udara yang dipergunakan oleh Imigran Ilegal tersebut bertanggungjawab untuk mengembalikan Imigran Ilegal tersebut dan apabila berupaya untuk keluar dari Kabupaten Sinjai secara mandiri tanpa pengawalan resmi petugas Imigran hendaknya dilaporkan kepada petugas Imigrasi.
  3. Para Camat, Lurah dan Kepala Desa wajib berkoordinasi dengan pihak keamanan dan bertanggungjawab untuk mengontrol Imigran Ilegal yang masuk di wilayahnya.
  4. Berkaitan dengan hal tersebut, jika dikemudian hari ada hal-hal yang perlu ditindaklanjuti maka dapat melaporkan kepada Bupati melalui Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sinjai.
  5. Setiap Organisasi Masyarakat, LSM dan Yayasan yang bergerak di bidang keagamaan yang melibatkan Warga Negara Asing (WNA) untuk melaporkan keberadaan Warga Negara Asing yang dimaksud di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik sebelum melaksanakan aktifitasnya di wilayah Kabupaten Sinjai

Demikian disampaikan untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya.

BUPATI SINJAI

 

H. SABIRIN YAHYA, S.Sos

Komentar Facebook

About Haryanti Arief