Jumat, 22 Februari 2019
Tahun Depan Pemerintah Kucurkan Dana Kelurahan

Tahun Depan Pemerintah Kucurkan Dana Kelurahan

Anggota DPD RI, Dr. H. Ajiep Padindang menghadiri monitoring dan evaluasi rencana Kerja (Renja) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) triwulan III tahun 2018 yang digagas oleh Bappeda Sinjai, di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Jumat (2/11/18).

Dalam pemaparannya, Ajiep Padindang menjelaskan bahwa dana transfer ke daerah adalah dana yang dialokasikan untuk mengurangi ketimpangan sumber pendanaan antara pusat dan daerah serta mengurangi ketimpangan sumber pendanaan urusan pemerintah antar daerah dan mengurangi kesenjangan layanan publik antar daerah.

“Dana Perimbangan ini sendiri merupakan dana yang bersumber dari pendapatan dalam APBN yang dialokasikan untuk mendanai kebutuhan daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi,” ungkap Ajiep.

Selain sebagai anggota DPD RI dan  Ketua Komite IV yang membidangi APBN, Ajiep berkomitmen  kuat untuk terus memperjuangkan peningkatan Dana Transfer ke Daerah lebih khusus lagi untuk Sulawesi Selatan.

Dana Desa yang bersumber dari APBN, pada tahun 2019 jumlahnya meningkat. Khusus Kabupaten Sinjai bertambah lebih 100 juta rupiah.

“Tahun 2018 ini rata-rata desa di Sinjai memperoleh 800 juta, maka dana desa tahun 2019 itu sekitar rata-rata 930 juta. Jumlah dana setiap desa tidak semua sama karena berdasarkan variabel dan indikator berbagai aspek,” urainya.

Sementara untuk kelurahan, kata Ajiep, mengacu pada PP Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan, mulai tahun depan alokasi dana kelurahan juga dianggarkan sekitar Rp 360 juta setiap kelurahan.

“Dana kelurahan itu masuk dalam anggaran Kecamatan. Sehingga fungsi dan beban tugas Camat semakin bertambah. Camat sebagai pengguna anggaran dan Lurah sebagai kuasa pengguna anggaran sehingga mereka harus saling bersinergi, ” katanya. (AaN)

Komentar Facebook

About Aan