Kamis, 30 Maret 2017

Ayo Ke Sinjai

Pemkab Sinjai Alokasikan Anggaran Rp1,25 Milyar Untuk Pulau Larea-rea

Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai telah melakukan pembenahan pada beberapa obyek wisata yang ada di daerah ini. Bahkan dari pembenahan beberapa obyek wisata tersebut menunjukkan adanya peningkatan kunjungan wisatawan domestik. Menyikapi hal ini, Bupati, H. Sabirin Yahya mengatakan pembenahan destinasi wisata di daerah ini akan terus dilanjutkan dan mendapat perhatian serius. Tahun ini, lanjutnya pemerintah telah ... Read More »

Menelusuri Hari Jadi Sinjai Dalam Mitos dan Fakta Sejarah

Seminar menelusuri hari jadi Sinjai berlangsung di ibukota kabupaten itu, pada 2-3 Pebruari 1994. Rumusan seminar kemudian menentukan tanggal 27 Pebruari 1564 sebagai hari jadi Kabupaten Sinjai. Penentuan tanggal, bulan dan tahun tersebut melewati perdebatan panjang antara pembawa makalah dan peserta seminar. Penemuan hari jadi bagi masyarakat Sinjai mungkin menjadi spirit dan menyatukan langkah dalam pembangunan. Wartawan Harian Pedoman Rakyat,  ... Read More »

Nikmatnya Kuliner di Lappa

Sinjai terkenal sebagai daerah penghasil ikan laut terbesar di Sulawesi Selatan.  Trade mark ini tak disia-siakan masyarakat pesisir, khususnya di area Pusat Pendaratan Ikan (PPI) dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lappa.  Warga di sekitar  PPI/TPI menyiapkan Warung Makan, dengan menu khas ikan bakar. Puluhan Warung Makan Ikan Bakar Segar ini berjejer dan mengundang selera makan. Yang menarik, Warung Makan ini ... Read More »

Peta Sinjai

Peta Sinjai dari google map Read More »

Bagaimana ke Sinjai ?

Bagi anda yang berada di luar Sulawesi Selatan dan akan ke Sinjai, biasanya akan ke Makassar dulu. Makassar ini gerbang untuk menuju ke Kabupaten / Kota di Sulawesi Selatan karena disana ada Pelabuhan Sukarno Hatta dan Bandara Internasional Hasanuddin. Dari Pelabuhan atau Bandara ini, anda bisa mengambil angkutan umum seperti Taxi, Bus atau Angkot (pete-pete) untuk menuju terminal Angkutan Kota ... Read More »

Batu Pake Gojeng

Sebuah gambaran tentang keindahan suatu bentukan fenomena alam yang menjadi sebuah eksotisme bagi penjelajah atau pelesiran dengan rangkaian latar belakang sejarah keberadaan dimana para nenek moyang mulai mengatur siasat dan merencanakan sesuatu demi mempertahankan wilayah bumi Tellulimpoe. Keindahan Taman Purbakala Batu Pake. Gojeng ini merupakan acuan bagi pemerintah Kabupaten Sinjai yang dijadikan sebagai taman wisata alam dan budaya dimana secara ... Read More »

Pulau Sembilan

Sebuah karya seni natural dari Maha pencipta memotivasi dan mengajak kita untuk lebih mengenal dan bersahabat dengan alam, keanekaragaman hayati yang indah, terumbu karang yang tertata acak, pasir putih kemilau kristal dengan hamparan laut yang menyatu dengan eksotisme. Read More »

Benteng Balangnipa

Sebuah Arsitektur bangunan kuno dengan gaya eropa berdiri kokoh di kawasan tenggara Sulawesi Selatan. Sebuah benteng pertahanan yang terletak di kelurahan Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai berjarak sekitar 1 km dari pusat kota dan merupakan salah satu dari tiga benteng terbesar di Sulawesi Selatan mendampingi Fort Rotterdam di Makassar dan Benteng Somba Opu di Gowa. Kemegahan dan kekokohan Benteng ... Read More »

Mappanre Tasi

Wilayah pesisir Kabupaten Sinjai merupakan suatu kawasan pantai dan pulau dengan potensi perikanan yangcukup besar. Dengan panjang garis pantai kurang lebih 28 km termasuk keliling pulau dengan potensi penagkapan. Budidaya laut ( keramba dan jaring apung ), perairan umum ( sungai kolam ) sangat menjanjikan. Dengan garis pantai sepanjang 28 km yang terdiri atas wilayah pantai daratan panjang 17 km ... Read More »

PROSESI PESTA ADAT RAKYAT MA’RIMPA SALO

SUNGAI BUA – SANJAI KECAMATAN SINJAI TIMUR KABUPATEN SINJAI Dalam event of kalender kepariwisataan Kabupaten Sinjai, salah satu dari tiga kegiatan wisata budaya adalah Ma’rimpa Salo. Pesta rakyat Ma’rimpa Salo yang dilaksanakan secara turun temurun oleh masyarakat di Desa Sanjai dan Desa Bua Kecamatan Sinjai Timur. Berdasarkan data dan informasi masyarakat setempat, bahwa pesta rakyat Ma’rimpa Salo bermakna sebagai suatu ... Read More »