Sabtu, 20 April 2019
18 Ribu Petani di Sinjai Peroleh Kartu Tani

18 Ribu Petani di Sinjai Peroleh Kartu Tani

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa menyerahkan secara simbolis kartu tani kepada petani yang ada di Kecamatan Sinjai Selatan dan Sinjai Borong, bertempat di Aula Kantor Camat Sinjai Selatan. Selasa, (16/4/19).

Kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama antara Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Pemerintah Kabupaten Sinjai, dalam hal ini Dinas Tanaman Pangan, Holtikutura, dan Perkebunan Kabupaten Sinjai.

Pimpinan BRI Cabang Sinjai, Hamid Rusdianto, mengatakan bahwa Kartu Tani merupakan kartu yang akan digunakan petani dalam bertransaksi menebus pupuk bersubsidi melalui mesin Electronic Data Captured (EDC).

“Kartu tani ini akan dibagikan kepada seluruh petani di Sinjai yang masuk dalam daftar Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) secara bertahap,”katanya.

Untuk saat ini Sinjai telah menerima 18.000 kartu, dimana khusus untuk Kecamatan Sinjai Selatan dan Sinjai Borong menerima 7.400 kartu.

Kepala Seksi Bagian Bisnis Kredit Kecil dan Kemitraan BRI Kanwil Makassar, Yus Marasabessi dalam kesempatan tersebut mensosialisasikan cara penggunaan dan ketentuan yang mengatur Kartu Tani tersebut.

Ia juga memuji upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (TPHP) yang melakukan pendataan dengan sangat baik sehingga Kabupaten Sinjai menjadi kabupaten penerima kartu tani terbanyak di Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa menyampaikan bahwa program kartu tani sangat sejalan dengan visi misi pemerintah daerah untuk mensejahterakan dan memudahkan aktivitas petani.

“Dimana kartu tani ini bukan hanya digunakan untuk transaksi pupuk subsidi tapi juga sudah bisa digunakan sebagai tabungan,”bebernya.

Bahkan kartu tani ini juga memudahkan petani untuk mendapatkan akses kredit perbankan seperti yang selalu didorong oleh pemda melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah.

Selain kartu tani, Bupati juga menyerahkan 2 unit mesin pencacah pakan kepada 2 kelompok tani. (AaN)

Komentar Facebook

About Aan