Kamis, 21 Juni 2018
Biologi dan Sosiologi Jadi Mata Pelajaran Pilihan Favorit Siswa UN di SMAN 1 Sinjai

Biologi dan Sosiologi Jadi Mata Pelajaran Pilihan Favorit Siswa UN di SMAN 1 Sinjai

Sama dengan pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun lalu, siswa tingkat SMA/sederajat bisa memilih satu dari tiga mata pelajaran yang identik dengan jurusannya. Siswa IPA bisa memilih antara biologi, kimia, atau fisika. Sedangkan siswa jurusan IPS dapat memilih antara sosiologi, ekonomi, atau geografi.

Kepala SMAN 1 Sinjai Drs. A. Arifuddin saat ditemui Jumat (9/3/18) mengungkapkan bahwa selain ada mata pelajaran wajib yakni bahasa Indoensia, matematika dan bahasa Inggris, juga ada mata pelajaran pilihan sesuai jurusannya masing-masing yang akan diujian nasionalkan.

Khusus di SMAN 1 Sinjai siswa-siswi  cenderung memilih biologi untuk kelompok IPA, dan sosiologi di kelompok IPS. Menurut dia, siswa diberi kebebasan memilih sehingga sekolah tidak berhak membatasi.

“Dari 208 siswa IPA, 112 orang memilih biologi, yang memilih fisika ada 6 siswa dan kimia 90 siswa. Sedangkan siswa IPS total ada 114 orang. Dari jumlah itu, 61 siswa memilih sosiologi, 25 siswa memilih ekonomi, dan 18 siswa lainnya memilih geografi,” urainya.

Arifuddin mengaku, tak mengetahui alasan persis siswa memilih biologi dan sosiologi. Diduga, pelajaran biologi dinilai siswa lebih logis. Sedangkan untuk sosiologi dipilih lantaran cenderung hafalan, tidak ada hitungan.

Pelaksanaan Ujian nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 9 hingga 12 April 2018. (AaN)

Komentar Facebook

About Aan