Sabtu, 20 April 2019
Bupati Buka Sosialisasi Sinjai Menuju Satu Data

Bupati Buka Sosialisasi Sinjai Menuju Satu Data

Pada era modern ini, suatu data menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan, dan pada kenyataannya, dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari yang namanya informasi.   

Hal inilah yang melatar belakangi Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Sinjai melaksanakan Sosialisasi Kabupaten Sinjai Menuju Satu Data di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Senin (15/4/19).

Kepala Diskominfo dan Persandian Sinjai H. Firdaus dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan sosialisasi ini yakni untuk meningkatkan integritas data dan menyatukan data pada sebuah portal yang nantinya menjadi satu pintu diseminasi dan akses data terbuka yang dijamin integrasi, akurasi dan kemutakhirannya.

Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa yang membuka acara ini dalam arahannya menyampaikan bahwa dalam mendukung kebijakan Presiden RI Joko Widodo terkait satu data ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai telah menetapkan keputusan Bupati Sinjai nomor 318 tahun 2000 19 tentang penetapan tim satu data Kabupaten Sinjai yang bertujuan untuk mewujudkan sistem informasi manajemen data yang terpadu di Lingkup Pemkab Sinjai.

“Hal ini penting guna tercipta koordinasi, integrasi dan sinkronisasi data dalam perencanaan pelaksanaan dan pengendalian kegiatan pembangunan dengan menggunakan teknologi informasi, sehingga kita harapkan akan terwujud peningkatan kinerja dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah serta terwujudnya pelayanan prima di bidang data dan informasi,” katanya.

Untuk itu peran serta dari seluruh produsen data dalam hal ini seluruh OPD diharapkan secara aktif setiap saat memperbaharui data untuk dapat mengirimkan ke Diskominfo dan Persandian Sinjai sebagai wali data atau sumber data menuju Sinjai satu data.

Kegiatan yang bertema “Menjalin Sinergitas Dalam Pengelolaan Data Yang Kredibel” ini dihadiri oleh Anggota Forkopimda, Sekda Sinjai, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD, dan Kabag Setdakab Sinjai.

Adapun pesertanya yakni para pengelola data OPD, Kantor Kementerian dan lembaga non Departeman Se-Kabupaten Sinjai, BUMN/BUMD, Camat, Kepala Desa/Kelurahan. (AaN)

Komentar Facebook

About Aan