Minggu, 24 Februari 2019
Bupati Panen Kacang Tanah di Desa Aska

Bupati Panen Kacang Tanah di Desa Aska

Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya melakukan panen perdana kacang tanah yang digagas oleh kelompok tani Mutiara Hijau di Desa Aska Kecamatan Sinjai Selatan, Jumat (2/2/18).

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sinjai, Dra.Hj. Marwatiah mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pengembangan intensifikasi tanaman padi dan palawija dalam rangka meningkatkan produksi, produktivitas dan mhtu hasil serta meningkatkan pendapan dan kesejahteraan petani.

“Jenis varietas kacang tanah ini adalah varietas kelinci dan kancil yang produksinya dua kali lipat dibanding varietas gajah atau varietas lokal,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya mengatakan bahwa kacang tanah merupakan salah saru komoditi andalan yang dikonsumsi masyarakat karena memiki daya ekonimis tinggi.

Olehnya itu Bupati meminta agar kedepan kacang tanah yang dipanen tidak hanya dikonsumsi namun dapat dikemas menjadi menarik sehingga menjadi komoditi unggulan di sinjai.

“Saya minta kepada kelompok tani yang lain agar melanjutkan menggunakan varietas ini karena produksi yang dihasilkan dua kali lebih baik sehingga sinjai dapat menjadi sentra pengembangan kacang ranah di Sulsel,” jelasnya.

Ketua Kelompok Tani Mutiara Hijau, Basri mentampaikan rasa bangga dan teri kasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten Sinjai yang telah mwmberikan bantuan benih kacang tanah varietas kekinci dan kancil.

“Jika sebelumnya varietas lokal hanya menghasilkan hingga 2 ton/hektar, maka jenis kacang tanah ini hasilnya meningkat hingga 4,8 ton/hektar,” tuturnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa Kepala perangkat Daerah, para Kabag, Camat Sinjai Selatan, anggota tripika Kecamatan Sinjai Selatan, Kepala Desa Aska, para kelompok tani, tokoh masyarakat dan warga setempat.(AaN)

Komentar Facebook

About Aan