Sabtu, 20 April 2019
Ciptakan Pemilu Kondusif,  Bawaslu Gelar Apel Siaga Patroli

Ciptakan Pemilu Kondusif, Bawaslu Gelar Apel Siaga Patroli

Hari Kelima Sebelum Paksanaan Pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sinjai menggelar Apel Siaga Patroli Anti Politik Uang dan Apel 3 Pilar di Lapangan Sinjai Bersatu, Jumat (12/4/19).

Bertindak selaku Inspektur Apel yakni Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa dan diikuti ribuan peserta Apel mulai dari Aparat Kepolisian, TNI, Linmas dan seluruh Pengawas Kecamatan, Kelurahan hingga Pengawas TPS.

Ketua Bawaslu Sinjai A. Muh. Rusmin yang membacakan pidato seragam Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa sebelum memasuki hari pemungutan suara, terlebih dahulu diperhadapkan masa tenang dari tanggal 14-16 April 2019, masa yang krusial dalam pelaksanaan pemilu dimana menguji integritas seluruh bangsa termasuk didalamnya Bawaslu dan peserta Pemilu.

“Berdasarkan pengalaman Pemilu sebelumnya , masa tenang cenderung diwarnai praktik kecurangan, politik uang, proganda isu Sara, penyebaran hoax untuk saling menjatuhkan sesama peserta pemilu. Praktik ini mengancam keutuhan bangsa,” jelasnya.

Selain itu, salah satu persoalan klasik adalah kecenderungan menggunakan segala cara untuk menang dengan mengeluarkan jumlah uang yang tidak rasional untuk mempengaruhi pilihan masyarakat.

Sementara itu Bupati Sinjai dalam amanatnya menyampaikan bahwa terlaksananya Apel Siaga ini membuktikan adanya kesatuan semangat untuk secara bersama mewujudkan pelaksanaan Pemilu yang damai langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil.

“Dengan Pemilihan Umum tahun 2019 di Kabupaten Sinjai mari kita mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi dan mencegah timbulnya konflik di tengah masyarakat kita yang majemuk,” katanya.

Bupati menambahkan, agar seluruh pihak harus mampu menjaga kondisitas, stabilitas dan netralitas dalam mengawal pelaksanaan pesta demokrasi ini khusus politisik isu Sara yang dapat menyebabkan disintegrasi bangsa dan perpecahan di tengah keberagaman dan pada masyarakat.

Apel ini dihadiri oleh Kapolres Sinjai AKBP Sebpril Sesa, Kasdim 1424 Sinjai Mayor Inf. M. Nasruddin, Ketua KPU Sinjai Muh. Naim, jajaran Bawaslu Sinjai, para Camat, Kepala Desa/ Lurah Se-Kabupaten Sinjai. (AaN)

Komentar Facebook

About Aan