Rabu, 22 Mei 2019
Dana DAK Fisik Untuk Lima Bidang Tahap II Belum Cair

Dana DAK Fisik Untuk Lima Bidang Tahap II Belum Cair

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Wilayah Sinjai, Entis Sutrisna menyampaikanbahwa dari sembilan bidang yang dialokasikan untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, hingga saat ini KPPN Sinjai telah mencairkan dana DAK tahap kedua kepada empat bidang.

keempat bidang tersebut adalah bidang Industri kecil Menengah (IKM), Pariwisata, Jalan dan Pasar. Sedangkan yang belum tersalurkan adalah bidang Pendidikan, kesehatan dan KB, Kelautan & Perikananserta Pertanian (Irigasi).

Hal ini disampaikan dalam Rapat Monitoring Laporan pertanggungjawaban keuangan Pemkab Sinjai diRuang Pola Kantor Bupati Sinjai baru-baru ini.

Menurut Entis, kelima bidang yang belum disalurkan tersebut disebabkan karena syarat pencairan untuktahap kedua belum dipenuhi oleh satuan kerja (satker) terkait.

Bidang Pendidikan misalnya, penyerapan dana DAK tahap pertama baru mencapai 61,98 %, didalam aturansyarat pencairan dana DAK tahap berikutnya jika penyerapan anggaran minimal 75 % dari tahap sebelumnya.

Sedangkan untuk Bidang Kesehatan dan KB, Kelautan & Perikanan serta Pertanian penyerapan anggarantahap pertama sudah melebihi 75 % namun pencairan tahap kedua terkendala karena daftar kontrak belumdiajukan kepada Bendahara Umum Daerah (BUD).

Untuk itu ia mengharapkan kepada satker yang menangani bidang tersebut agar segera melengkapi syaratyang telah ditentukan sebab pencairan DAK tahap kedua paling lambat tanggal 31 Agustus 2017. “Kamimohon kerjasamanya untuk memenuhi persyaratan secepat mungkin,” jelasnya.

Sementara itu Sekertaris Daerah Sinjai, H. Taiyeb A. Mappasere mengharapkan kepada satker terkait untuksegera memenuhi persyaratan tersebut paling lambat pekan ini sehingga pencairan dana DAK tahap keduasemua bidang dapat tersalurkan.

Sekedar diketahui bahwa pagu anggaran dana DAK Fisik untuk 9 Bidang pada tahun 2017 ini sebesarRp.154.186.157.000 dan ditransfer dalam empat tahap. (AaN)

About Aan