Selasa, 17 Juli 2018
Dinkes Sinjai Gelar Penguatan Kapasitas Pengelola SP2TP

Dinkes Sinjai Gelar Penguatan Kapasitas Pengelola SP2TP

Dalam upaya meningkatkan dan memperkuat pencapaian kualitas data kesehatan yang lebih baik membutuhkan upaya untuk memperkuat sistem kesehatan Nasional, melalui penguatan kualitas data sistem informasi kesehatan.

Olehnya itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai menggelar Pembinaan dan penguatan kapasitas pengelola Sistem Pencatatan Pelaporan Tingkat Puskesmas (SP2TP) secara online, di Aula Gedung Olahraga Hotel Grand Rofina Sinjai, Senin (16/4/18).

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Andi Suryanto Asapa yang membuka kegiatan ini mengatakan bahwa sistem informasi kesehatan harus mampu menyediakan data dan informasi yang lengkap, akurat serta tepat waktu sebagai bahan masukan dalam pengambilan keputusan.

“Dengan adanya sistem pencatatan pelaporan terpadu ini maka angka kesakitan akan tergambarkan dan dari sinilah kita dapat mengetahui 10 penyakit terbanyak dan dimana posisinya,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, setelah adanya pelatihan ini maka sistem pencatatan pelaporan di seluruh Puskesmas semakin baik, sehingga informasi yang disajikan dapat dijadikan acuan untuk mengatasi permasalahan kesehatan.

“Jadi tidak laku lagi sistem pelaporan secara manual karena semuanya sudah dipadukan melalui sistem elektronik ini dan outputnya kita bisa ketahui status kesehatan disetiap wilayah,” tambahnya.

Kegiatan yang berlangsung hingga hari Kamis (19/4/18) ini diikuti oleh Para tenaga kesehatan dari 16 Puskesmas mulai dari Dokter Umum, Dokter Gigi, Perawat dan Bidan. Sementara narasumber yakni Ketua STIKES Panakukang Makassar H. Muh Thabran Talib SKM. (AaN)

Komentar Facebook

About Aan