Rabu, 22 Mei 2019
Gelar Safari Ramadhan, MAN 2 Sinjai Terjunkan Siswanya Jadi Pendakwah

Gelar Safari Ramadhan, MAN 2 Sinjai Terjunkan Siswanya Jadi Pendakwah

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kabupaten Sinjai memiliki Program Dakwah di bulan Ramadhan 1440 H dalam bentuk Safari Ramadhan, dengan menurunkan para siswanya yang dianggap mampu untuk memberikan ceramah agama di Masjid.

Tim Safari Ramadhan ini dimulai sejak Hari Senin (13/5/19) yang dimulai di Masjid Biladum Naim Desa Saukang Kecamatan Sinjai Timur. Setiap pendakwah yang merupakan siswa MAN 2 Sinjai didampingi oleh beberapa guru.

Kepala MAN 2 Sinjai Dra.Hj. Zakiah Parman saat ditemui Kamis (16/5/19) mengatakan, Safari Ramadhan merupakan progam tahunan yang sangat baik. Pasalnya kegiatan ini bertujuan menjalin hubungan silaturahim antara keluarga besar madrasah dengan masyarakat, serta sebagai Syiar Islam.

“Kegiatan ini sudah rutin kita lakukan tiap tahunnya, tujuannya agar nantinya siswa kita tidak kaku lagi saat berbicara di depan masyarakat umum karena kami telah didik mereka selama ini untuk berbicara di atas mimbar,” ujarnya.

Ia mengajak kepada Tim Safari Ramadhan terutama anak didik yang telah dipercayakan menjadi penceramah, dalam penyampaiannya harus menggunakan kalimat yang baik dan santun, terbebas dari umpatan, makian, maupun ujaran kebencian yang dilarang oleh agama.

Manfaat lain yang bisa diambil adalah siswa yang menjadi penceramah dapat mengambil pengalaman dan menggunakan ilmunya untuk kepentingan umat.

Pelaksanaan safari ramadhan ini berlangsung selama enam hari hingga hari Sabtu (18/5/19) dengan sasaran 10 masjid yang ada di di Kecamatan Sinjai Timur, Sinjai Utara dan Masjid yang ada di Kabupaten Bone. (AaN)

About Aan