Kelurahan di Sinjai Peroleh Kucuran Dana 370 Juta Rupiah

Kelurahan di Sinjai Peroleh Kucuran Dana 370 Juta Rupiah

Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai Drs. Akbar membuka Rapat Koordinasi Terpadu Bidang Pemerintahan, di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Senin (17/6/19).

Rapat tersebut dimaksudkan untuk memberikan gambaran umum dalam penyelenggaran pemerintahan daerah bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (forkopimda) serta menggali informasi dan isu-isu strategis yang terjadi di Kabupaten Sinjai.

Dalam rapat ini difokuskan pada pembahasan mengenai mekanisme penggunaan anggaran kelurahan yang digelontorkan oleh Pemerintah Pusat kepada seluruh Kelurahan yang ada di Indonesia.

Sekda Sinjai dalam sambutannya menyampaikan bahwa jumlah dana yang diperoleh masing-masing kelurahan di Sinjai yakni sebesar Rp. 370 juta lebih. Jumlah ini sama untuk setiap kelurahan sehingga total dana yang bersumber dari DAU tambahan untuk 13 kelurahan di Sinjai berkisar Rp. 4,1 milyar.

Menurut Sekda, mekanisme penggunaan dana kelurahan ini diatur berdasarkan Permendagri Nomor 130 Tahun 2018 tentang ada dua jenis Kegiatan yakni Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan.

“Kami berharap dalam penggunaan dana kelurahan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan tetap berpedoman pada aturan yang telah ditetapkan, ” latanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sinjai Abd. Haris Umar selaku pembicara dalam kegiatan ini menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Pusat atas kucuran dana kelurahan untuk pemerataan pembangunan.

“Selama ini ada ketimpangan antara pembangunan di desa dan kelurahan, kami di DPRD selalu menyuarakan hal ini ke pemerintah pusat dan tahun ini Alhamdulilah sudah direspon dengan baik, ” katanya.

Rapat ini diikuti oleh para kepala OPD, para Kabag Setdakab, Camat, Lurah dan para Kepala Desa yang ada di Kabupaten Sinjai.

Srlain Ketua DPRD Sinjai, pemateri lainnya yakni Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Oo Sahrojat dan Kabag Ops Polres Sinjai Kompol Amran. (AaN)

About Aan