Selasa, 23 April 2019
Kemenag – Daftar Antrian Haji Sinjai Capai 4.510 Orang, Sedang Kuota CJH 2017 Hanya 235

Kemenag – Daftar Antrian Haji Sinjai Capai 4.510 Orang, Sedang Kuota CJH 2017 Hanya 235

SINJAI – Jumlah Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Sinjai yang akan di berangkatkan ketanah suci mekah pada musim haji tahun ini sebanyak 235 orang.

Jumlah tersebut sudah termasuk yang penambahan kuota haji untuk tahun 2017 yang sebelumnya sinjai hanya dapat jatah sebanyak 185 orang.

Sesuai jadwal, mereka akan meninggalkan sinjai dan masuk Asrama Haji Sudiang Makassar pada 7 Agustus mendatang.

“Jadi sehari di asrama, kemudian keesokan harinya mereka akan diterbangkan ke Madinah melalui Embarkasih Makassar bersama Jamaah asal Kabupaten Maros dan Maluku”, Ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sinjai, Drs. H. Mudarak Dahlan kepada media.

Dikatakan meskipun semua daerah ditanah air mendapat tambahan kuota haji yang dimulai pada tahun ini namun tampaknya itu tidak terlalu berpengaruh terhadap masa tunggu haji. Menurutnya jika melihat daftar antrian haji saat ini, itu jauh dari kuota yang diberikan setiap tahunnya, sehingga untuk memberangkatkan mereka butuh waktu yang lama.

“Kalau kita di sinjai, daftar antrian haji yang tercatat di Kemenag mencapai 4.510 orang, dengan perkiraan membutuhkan waktu sekitar 19 tahun untuk diberangkatkan ke tanah suci mekah”, Terangnya.

Banyaknya daftar tunggu haji juga seiring dengan minat masyarakat yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Saat ini, para calon jamaah haji sinjai sedang diberikan pembekalan melalui manasik haji.

Manasik Haji sendiri adalah petunjuk/penjelasan cara mengerjakan dan sebagai tuntunan hal-hal yang berhubungan dengan rukun, wajib, dan sunnah haji dengan menggunakan miniatur ka’bah dan dilaksanakan sebelum berangkat ke tanah suci. (*)

Komentar Facebook

About Haryanti Arief