Rabu, 24 April 2019
Kepala Desa Dan BPD Harus Selalu Bersinergi

Kepala Desa Dan BPD Harus Selalu Bersinergi

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sinjai Drs. Abd. Halik mengingatkan kepada Kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), supaya selalu bersinergi. Dengan begitu, diharapkan program desa dapat terlaksana dengan baik.

“Kepala desa dan BPD harus selalu bersinergi,” ujar Halik yang juga selaku ketua Tim Penilai lomba desa saat berkunjung ke Desa Songing Kecamatan Sinjai Selatan untuk melakukan penilaian lomba desa tingkat Kabupaten, Rabu (13/2/19).

Menurut dia, bila Kepala Desa dan BPD tidak bisa bersinergi, akan berakibat kurang baik terhadap kegiatan pembangunan dan pemerintahan desa. Terlebih, penetapan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes), dilakukan oleh kepala desa dengan persetujuan BPD.

“Ketika sinergi ini tidak terjalin dengan baik maka pasti akan ada masalah, betapa banyak desa yang bermasalah di daerah lain karena tidak adanya sinergi antara Kepala desa dengan BPD, ” tandasnya.

Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab di tingkat desa harus harmonis antara Kepala Desa dan Ketua BPD, khususnya dalam penggunaan anggaran APBDes. Keduanya harus menyusun rencana program kerja desa berdasarkan pola kinerja yang terencana.

Pada kesempatan itu, Halik juga mengingatkan Pemerintah Desa tidak melakukan perbuatan yang merugikan keuangan desa. Selain itu, harus bisa mempertanggungjawabkan dana desa dan ADD dengan baik serta siap menerima masukan maupun kritikan dari masyarakat. (AaN)

Komentar Facebook

About Aan