Jumat, 22 Februari 2019
Ketua DPRD: Pemkab Harus Selesaikan Legalisasi Aset Daerah

Ketua DPRD: Pemkab Harus Selesaikan Legalisasi Aset Daerah

DPRD Kabupaten Sinjai meminta Pemerintah Daerah menyelesaikan permasalahan legalitas aset tanah yang sampai saat ini belum memiliki sertifikat.

Ketua DPRD Sinjai, Abdul Haris Umar saat Rapat Kordinasi Terpadu Bidang Pemerintahan di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai mengatakan bahwa Pemkab harus terus melakukan pembenahan dan penertiban aset miliknya. Seperti penguasaan lahan di bangunan-bangunan milik pemerintah daerah, termasuk memperjelas status kepemilikannya.

“Seluruh lahan milik pemerintah daerah dan desa harus mempunyai hak alas atau sertifikat. Jangan sampai tanah tersebut diklaim oleh oknum tertentu,” ujarnya.

Banyaknya aset tanah milik Pemerintah Daerah yang belum memilki sertifikat menurut Ketua DPRD mengakibatkan banyaknya sengketa tanah yang masuk melalui aspirasi di DPRD Sinjai.

Menurutnya aspirasi sengketa tanah tersebut pada dasarnya DPRD hanya sebatas memediasi dan memberi masukan kepada mereka yang mengklaim.

“Kita hanya memfasilitasi mereka, bukan menentukan mana yang benar dan mana yang salah sebab itu tugas pengadilan,” jelas Legislator partai Demokrat ini. (AaN)

Komentar Facebook

About Aan