Minggu, 24 Februari 2019
Peminta Sumbangan Marak, Dinsos Ingatkan Warga

Peminta Sumbangan Marak, Dinsos Ingatkan Warga

Mengingat perkembangan Kabupaten Sinjai yang semakin pesat menjadi daya tarik bagi orang luar untuk masuk. Namun dengan banyaknya masyarakat luar yang masuk tersebut membuat tingkat kerawanan juga meningkat, seperti kriminalitas yang disertai dengan berbagai macam modus operandi.

Seperti yang terjadi di bulan ramadhan ini, cukup marak oknum yang meminta sumbangan dengan kedok untuk kepentingan yayasan. Hal ini pun mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Sosial (Dinsos) yang gencar melakukan pengawasan.

kepala Dinas Sosial Kabupaten Sinjai DR.H. Mukhlis Isma saat ditemui, Kamis (7/6/18) mengatakan bahwa sesuai Undang-undang, Pemerintah daerah diberi kewenangan untuk memberikan izin penarikan sumbangan kepada kelompok atau lembaga tertentu yang hanya memiliki rekomendasi dari Dinas Sosial.

Olehnya itu ia mengharapkan warga jika menemukan oknum yang mengatasnamakan lembaga, kelompok atau yayasan tertentu yang meminta sumbangan namun tidak mampu menunjukkan surat rekomendasi dari Pemda agar dilaporkan kepada pemerintah atau kepolisian.

“Kita minta warga lebih waspada, sebab modus seperti ini disinyalir kebanyakan hanya kedok, sementara hasilnya untuk kepentingan pribadi. Jadi dalam bentuk apapun permintaan sumbangan itu harus punya dasar, legalitas atau rekomendasi dari pemerintah daerah,” katanya.

Dalam memberikan rekomendasi izin, Dinas Sosial Sinjai juga sangat selektif. Sebelum memberikan izin, harus ada kejelasan mengenai indetitas diri, kartu kepengurusan, keberadaan yayasan serta program yang akan dijalankan. (AaN)

Komentar Facebook

About Aan