Minggu, 22 April 2018
Pemkab Akan Bangun 500 Jamban Keluarga

Pemkab Akan Bangun 500 Jamban Keluarga

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)  Kabupaten Sinjai melalui Bidang Cipta karya tahun ini akan membangun 500 unit jamban keluarga untuk Kepala Keluarga (KK) yang yang  belum memilki jamban yang layak.

Kepala Seksi Pengendalian Cipta karya Dinas PUPR Sinjai A. Syarifuddin saat ditemui, Jumat (9/3/18) mengemukakan bahwa program pembangunan jamban sehat bagi warga merupakan program prioritas dalam mendukung program pemerintah pusat yang dijabarkan dalam istilah program 100-0-100.

Menurutnya, berdasarkan Survei yang telah dilaksanakan terhadap seluruh kecamatan dan data dari Dinas Kesehatan Sinjai masih ada sekitar  9 ribu Kepala Keluarga yang belum memiliki sarana jamban yang sehat.

“Jadi ini kita lakukan untuk mendukung program pemerintah pusat 100-0-100 yang artinya 100 persen akses air minum, 0 persen kawasan kumuh dan 100 persen sanitasi,” jelasnya.

Fasilitas jamban sehat ini akan dibangun di Kecamatan Sinjai Utara, Bulupoddo, Sinjai Timur dan Kecamatan Sinjai Selatan dengan sumber anggaran yakni dari dana hibah APBN pusat.

Jamban sehat ini dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat  melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Melalui pembangunan jamban sehat, tidak ada lagi penduduk Sinjai yang BAB sembarangan. Masyarakat juga dapat menerapkan PHBS,” tandasnya. (AaN)

Komentar Facebook

About Aan