Kamis, 19 April 2018

Dinas Pendidikan

4 SMP di Sinjai Siap Laksanakan UNBK

Dari 40 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sinjai, hanya 4 diantaranya yang akan menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sedangkan yang lainnya masih menggunakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Drs.H. Syamsuddin Umar ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (26/3/18). Menurut Syamsuddin, dari 40 SMP di Sinjai yang siap melaksanakan UNBK ... Read More »

Pemkab Sinjai Salurkan Beasiswa Kepada 681 Mahasiswa Berprestasi

Pemerintah Kabupaten Sinjai menyalurkan beasiswa kepada 681 Mahasiswa berprestasi dalam pendidikan di Kabupaten Sinjai untuk Tahun Ajaran 2017-2018. Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Drs. H. Syamsuddin Umar saat ditemui di Ruang kerjanya, Rabu (21/3/18) mengatakan bahwa beasiswa tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah untuk meringankan biaya belajar mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan. Adapun yang menerima beasiswa ini sebelumnya telah diverifikasi dan memenuhi ... Read More »

Sekolah di Sinjai Gladi Bersih UNBK

Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada bulan april mendatang, seluruh sekolah SMA/sederajat di Kabupaten Sinjai menggelar gladi bersih. Di SMAN 1 Sinjai, pelaksanaan gladu bersih ini berlangsung selama tiga hari sejak Senin (12/3) hingga Rabu (14/3). Kepala SMAN 1 Sinjai, Drs. Arifuddin P saat ditemui, Rabu (14/3/18) mengatakan bahwa gladi bersih ini merupakan simulasi terakhir menjelang UNBK. “Ini ... Read More »

SMPN 2 Sinjai Utara Optimis Hadapi UNBK 2018

Bukan hanya tingkat SMA/sederajat yang menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) namun hal tersebut juga diterapkan di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Di SMPN 2 Sinjai Utara untuk pertama kalinya akan menerapkan UNBK tahun ini yang dijadwalkan mulai tanggal 23 hingga 26 April 2018. Wakil Kepala Sekolah SMPN 2 Sinjai Utara Mappatokkong S.Pd saat ditemui Sabtu (10/3/18) di Ruang kerjanya mengatakan ... Read More »

Biologi dan Sosiologi Jadi Mata Pelajaran Pilihan Favorit Siswa UN di SMAN 1 Sinjai

Sama dengan pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun lalu, siswa tingkat SMA/sederajat bisa memilih satu dari tiga mata pelajaran yang identik dengan jurusannya. Siswa IPA bisa memilih antara biologi, kimia, atau fisika. Sedangkan siswa jurusan IPS dapat memilih antara sosiologi, ekonomi, atau geografi. Kepala SMAN 1 Sinjai Drs. A. Arifuddin saat ditemui Jumat (9/3/18) mengungkapkan bahwa selain ada mata pelajaran wajib ... Read More »

SMAN 1 Sinjai Gelar Simulasi UNBK

Siswa SMAN 1 Sinjai menggelar simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018. Simulasi tersebut dilaksanakan di Ruang Laboratorium SMA 1 Sinjai, Rabu (7/3). Kepala SMAN 1 Sinjai, Drs. A. Arifuddin mengatakan bahwa tujuan diadakan simulasi ini yakni untuk melihat sejauh mana kesiapan siswa dalam menjawab soal dengan sistem berbasis komputer dan untuk memastikan kesiapan perangkat keras yang yang digunakan. “Alhamdulillah ... Read More »

Bupati : Kesuksesan Seseorang Tidak Lepas Dari Peran Guru

Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya meresmikan sekaligus mengukuhkan Forum Komunikasi Tenaga Sukarela (FOKUS) periode 2018-2020, di Gedung Pertemuan Sinjai, Selasa (9/1/18). Forum ini adalah merupakan forum yang mewadahi seluruh tenaga sukarela yang berprofesi sebagai tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan mulai dari tingkat PAUD hingga SLTP/sederajat. Bupati Sinjai dalam sambutannya menyampaikan bahwa profesi guru adalah merupakan tugas mulia yang berladang pahala ... Read More »

Ini Alasan Kadisdik Sinjai Terkait Guru Non PNS Harus Miliki SK Bupati

Sebanyak 3 ribu lebih guru non PNS di Sinjai mulai dari tingkat PAUD hingga SMP tahun 2018 ini akan memperoleh Surat Keputusan (SK) dari Bupati Sinjai. Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, H. Syamsuddin Umar saat ditemui Rabu (3/1) mengatakan bahwa keberadaan guru non PNS di Sinjai sangat membantu dalam penyelenggaraan pendidikan sehingga SK Bupati ini memang sangat dibutuhkan oleh guru non ... Read More »

Kadisdik Sinjai : Guru Wajib Ajarkan Pendidikan Karakter Kepada Siswa

Pemerintah Kabupaten Sinjai mendukung terbitnya Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo, bulan lalu. Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Drs.H. Syamsuddin Umar saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (25/10) mengatakan bahwa terbitnya perpres tersebut merupakan langkah maju dalam pembangunan di bidang pendidikan. Dimana menurutnya, era sekarang ini dibutuhkan pendidikan karakter yang ... Read More »

Kadisdik Sinjai : Pendidikan Keluarga Butuh Sinergi

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai Drs.H. Syamsuddin Umar mengajak pihak sekolah dan orangtua untuk terus bersinergi mewujudkan program pendidikan keluarga bagi anak. Sinergi ini dibutuhkan agar kondisi sosial anak didik menjadi lebih baik, terutama dalam penguatan karakter anak. “Dibutuhkan sinergitas antara keluarga dan pihak sekolah untuk membentuk perilaku anak,” tuturnya saat memberikan arahan dalam Apel Gabungan Lingkup Pemkab Sinjai, di ... Read More »