Senin, 19 November 2018
Tunjang Kompetensi Perawat, RSUD Sinjai Gelar Pelatihan BTCLS

Tunjang Kompetensi Perawat, RSUD Sinjai Gelar Pelatihan BTCLS

Sebagai upaya meningkatkan kompetensi pelayanan petugas Kesehatan, Eumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai menggelar pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS), di Ruang Pertemuan IGD Lantai II RSUD Sinjai, 13 hingga 16 September 2018.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 80 perawat yang bertugas di RSUD maupun di Puskesmas yang ada di Sinjai.

Kepala Bidang Pendidikan dan Akreditasi RSUD Sinjai, Syakir SKM saat ditemui Jumat (14/9/18) mengatakan bahwa pelatihan BTCLS  adalah salah satu syarat kemampuan yang harus dimiliki perawat dalam menangani pasien, tindakan memberikan pertolongan pada korban bencana atau gawat darurat guna mencegah kematian atau kerusakan organ.

“Jadi pelatihan ini bertujuan  untuk meningkatkan kompetensi perawat terutama dalam menangani kondisi gawat darurat,” katanya.

Syakir menjelaskan setiap perawat harus memiliki kemampuan dan kompetensi BTCLS sehingga mereka paham dan mengetahui tindakan yang dilakukan dalam menangani pasien gawat darurat.

“Jadi setelah pelatihan ini peserta akan mendapatkan sertifikat bagi yang dinyatakan lulus, itu artinya dia boleh menangani pasien gawat darurat, namun jika tidak lulus maka mereka harus mengulang,” urainya.

Sementara itu Sekertaris Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) Wilayah Sulsel, Arman Arsyad S.Kep selaku narasumber menyampaikan bahwa kompetensi perawat dalam menangani pasien haruslah terukur sehingga tidak terjadi kesalahan dalam menangani pasien.

“Kami berharap dengan dilaksanakannya pelatihan BTCLS dapat  meningkatkan kemampuan dan keterampilan para peserta,” pungkas Arman yang juga selaku Kepala Ruangan IGD Rumah Sakit dr. Tajuddin Chalid Makassar. (AaN)

Komentar Facebook

About Aan