Jumat, 22 Februari 2019
Upaya Balitbangda Dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah

Upaya Balitbangda Dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Sinjai terus berupaya meningkatkan daya saing daerah menuju pertumbuhan ekonomi pro rakyat untuk  mewujudkan kesejahteraan rakyat yang adil dan merata.

Menjawab tantangan tersebut, diperlukan berbagai program strategis dan inovasi yang dilakukan dalam memabantu pemerintah melaksanakan berbagai program sesuai dengan fungsinya.

Kepala Balitbangda Sinjai, Asdar Amal Darmawan dalam dialog interaktif di Studio Radio Suara Bersatu, Rabu (24/1/18) menjelaskan bahwa tahun kedua sejak berdirinya lembaga baru yang dipimpinnya, berbagai program akan dilaksanakan pada tahun 2018 ini baik berupa pengembangan sistem inovasi daerah maupun melakukan kajian atau penelitian terhadap produk maupun sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat.

Adapun program strategis yang akan dilakukan oleh Balitbangda Sinjai tahun ini meliputi kajian pemetaan klasifikasi dan kelas kesesuaian lahan pertanian, Identifikasi komoditi produk unggulan daerah, kajian pengembangan komoditi madu lebah lokal, mengidentifikasi potensi kerawanan bencana, program pekan inovasi daerah serta berbagai program lainnya.

Asdar menambahkan bahwa dalam menjalankan berbagai program ini, Balitbangda melakukan kerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki keahlian dalam bidang tersebut.

“Kita belum memiliki tenaga fungsional khusus peneliti sehingga kita libatkan dan kerjasamakan akan dengan berbagai perguruan tinggi atau pakar sesuai ahlinya dalam pengumpulan data maupun pengkajian secara ilmiah,” kata Mantan Kabag Keuangan ini.

Asdar berharap sebagai OPD baru pihaknya mengharapkan peran positif berupa masukan dan kerjasama baik dari pemerintah, masyarakat maupun seluruh pihak agar program tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (AaN)

Komentar Facebook

About Aan